Catat, Berikut Ini Sebab-Sebab Anak Menjadi Nakal

0
156

PARENTINGISLAM.ID – – Sebagai orang tua, wajib hukumnya untuk mendidik dan mengajari anak agar ia menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Selain itu, penting juga bagi kita untuk menanamkan sifat berbakti kepada orang tua dan takwa kepada Allah subhanahu wa Ta’Ala.

Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At-Tahrim: 6)

Dalam hadits pun disebutkan,

حَقُّ عَلَى المسْلِمِ أَنْ يُعَلِّمَ أَهْلَهُ، مِنْ قُرَابَتِهِ وَإِمَائِهِ وَعَبِيْدِهِ، مَا فَرَضَ اللهُ عَلَيْهِمْ، وَمَا نَهَاهُمُ اللهُ عَنْهُ

Menjadi kewajiban seorang muslim untuk mengajari keluarganya, termasuk kerabat, sampai pada hamba sahaya laki-laki atau perempuannya. Ajarkanlah mereka perkara wajib yang Allah perintahkan dan larangan yang Allah larang.” (HR. Ath-Thabari)

Namun, dalam mendidik anak memang diperlukan kesabaran yang ekstra. Walaupun kita telah berusaha untuk mendidik anak dengan baik, ada kalanya mereka membandel dan bahkan membantah setiap kali kita memberikan nasihat.

Lalu apa saja ya, yang menjadi sebab anak menjadi nakal? Yuk simak penyebab anak menjadi nakal

1. Orang Tua Jauh dari Agama

Salah satu penyebab anak menjadi nakal adalah dikarenakan orang tuanya yang jauh dari agama. Jika orang tua mau  menghadiri majelis ilmu/kegiatan keagamaan yang diisi oleh para kyai dan ustadz, pasti disana akan ada kebaikan dan insya Allah akan berdampak baik pula bagi anak.

Orang tua yang jauh dari majelis ilmu/kegiatan keagamaan, maka akan berdampak pula pada pasangan dan anak. Karena nafkah lahiriyah saja tidak cukup, keluarga pun perlu diberikan bekal nafkah batiniyah agar mereka pun mendapatkan kebaikan.

2. Lingkungan dan Teman yang Buruk

Semakin baik lingkungan sekitar anak, maka semakin baik pula tingkah lakunya. Namun sebaliknya, jika anak berada dalam lingkungan yang tidak baik (pemabuk, pecandu narkoba, penjudi), maka anak pun akan termakan hasutan setan.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian.” (HR. Abu Daud)

3. Perlakuan yang Buruk dari Orang Tua

Salah satu penyebab anak menjadi nakal bisa saja karena didikan kasar dari orang tuanya. Anak yang dididik dengan pukul, perkataan kasar, dan bahkan penghinaan akan menumbuhkan perangai dan akhlak yang buruk pada anak.

Allah memerintahkan kepada kita,

وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا

Serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia.” (QS. Al-Baqarah: 83)

4. Perselisihan dan Percekcokan Orang Tua

Perselisihan dan pertengkaran yang dilakukan oleh kedua orang tua dihadapan anak akan menimbulkan efek negative pada anak. Tanpa disadari, anak akan mencontoh segala tingkah laku kedua orang tuanya. Maka, sebaiknya orang tua bisa menjadi teladan yang baik bagi anak.

5. Tayangan Film Kekerasan

Seperti halnya melihat perselisiihan orang tua, anak yang selalu menonton tayangan film kekerasan pun tanpa disadari akan ditiru oleh anak. Karena anak-anak merupakan peniru yang andal dan mereka mudah meniru apa saja yang mereka lihat.

Oleh karena itu, batasi penggunaan TV dan gadget pada anak. Jangan sampai anak kita menonton tayangan yang bisa menimbulkan efek negative pada dirinya.

Sumber : rumaysho.com

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini