Si Kecil Lebih Dekat dengan Pengasuh? Coba Cara Berikut Ini

0
302
mother's day

PARENTINGISLAM.ID – – Zaman sekarang, pengasuh anak sudah menjadi sebuah kebutuhan. Ketika orang tua sibuk untuk mencari nafkah untuk keluarga, pengasuh anak menjadi orang yang bertanggung jawab dalam mengurus dan merawat anak. Dan pada beberapa kasusu, anak menjadi lebih dekat dengan pengasuh dibandingkan dengan orang tuanya.

Lalu bagaimana ya cara agar si kecil lebih dekat dengan orang tuanya daripada dengan pengasuh?

1. Menghabiskan Quality Time Bersama Anak

Penting bagi anak untuk membangun kedekatan dengan ibunya. Sesekali, cobalah untuk memberi libur kepada pengasuh. Ambil alih tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan anak, seperti makan, menggantu popok, dan bermain. Mungkin awalnya akan terasa berat, namun jangan cemas dan bersabarlah.

Pastikan saja agar Bunda bisa dekat dengan si kecil. Pelukan dan cinta sangat penting untuk hubungan ibu dan anak.

2. Bangun Rutinitas Baru Bersama Anak

Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan memulai hal yang baru. Jika anak sudah mempunyai rutinitas bersama pengasuh (tidak menyertakan Bunda), cobalah untuk membangun rutinitas baru yang ditujukan hanya untuk Bunda dan si kecil.

Bunda bisa membeli buku untuk dibaca bersama, mencoba mainan baru, atau mungkin mengajaknya pergi ke taman di sekitaran rumah.

3. Berhenti Merasa Cemas

Ketika menyerahkan anak ke pengasuh, mungkin akan ada kekhawatiran di benak Bunda apakah pengasuh akan menyayangi anak seperti Bunda menyayanginya. Namun, ketika kedekatan antara anak dan Bunda terbentuk, Bunda malah cemas bagaimana jika ia lebih sayang dengan pengasuh dibandingkan Bunda.

Percayalah, hanya Bunda yang tahu apa yang terbaik untuknya. Lepaskanlah rasa cemas dan katakana pada diri sendiri, “Sayalah Ibunya, dan hanya saya yang paling baik dalam mencintainya.”

Sumber : ibupedia.com

3

Red: admin