Berikut Jenis Makanan yang Tidak Sehat Untuk Si Kecil

0
227

PARENTINGISLAM.ID – – Dalam masa tumbuh kembang anak, mereka tentu saja membutuhkan asupan yang cukup untuk mendukung ativitasnya. Namun, membuat si kecil kenyang saja tidak cukup, lho Bun. Bunda juga harus cermat dalam memilih makanan yang baik dan sehat dalam mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh anak.

Apalagi sekarang ini banyak sekali makanan yang tidak sehat dan seharusnya dihindari oleh anak. Apa saja ya makanan yang seharusnya dihindari oleh si kecil?

1. Makanan dengan Lemak Jenuh

Lemak jenuh alami biasa didapat dari daging dan produk diary. Tetapi, sayangnya lemak jenuh pada makanan kaleng, campuran biscuit, dan menu cepat saji (termasuk kentang goreng) sengaja dibentuk dengan proses hydrogenating yang mana efeknya justru bisa meningkatkan kolesterol jahat.

Contoh : sereal bergula tinggi, biskuit beku, crackers, kentang goreng, pancake & waffle kemasan.

2. Junk Food

Junk food memiliki kandungan gula, lemak, atau garam yang sangat tinggi. Seringkali junk food ‘menipu’ konsumen dengan tingginya kalori dalam makanan tersebut. Padahal, kalori tersebut bukanlah kalori yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Contoh : ayam goreng di restoran cepat saji, burger, kentang goreng, pizza, milkshake, sandwich kemasan, donat, dan makanan bergula tinggi lainnya.

3. Non-homemade Frozen Food

Frozen food mengandung kadar garam tinggi. Selain itu, ada kandungan pengawet dan pewarna dalam frozen food di pasaran. Belum lagi banyaknya penggunaan daging campuran daging berkualitas rendah dalam pembuatan frozen food tersebut.

Contoh : nugget, fish stick, stik kentang, atau roti isi daging

4. Minuman Mengandung Kafein

Minuman ini bahkan tidak baik untuk orang dewasa. Maka, penting bagi Bunda untuk tidak memberikan minuman tanpa nutrisi ini pada anak-anak. Kafein memiliki dampak buruk bagi anak. Anak-anak yang mengonsumsi kafein cenderung memiliki jam tidur yang sedikit. Dampak lainnya adalah anak menjadi lebih cemas dan mengubah nafsu makan menjadi malas makan.

5. Saus Berwarna Mencolok

Pernahkah Bunda melihat si kecil makan jajanan pinggir jalan dengan campuran saus berwarna mencolok? Saus yang beredar di pasaran mengandung pewarna dan pengawet yang kadarnya tinggi. Selain itu, saus tersebut dibuat dari bahan yang berkualitas rendah, bahkan ada yang sama sekali tidak mengandung bahan yang seharusnya menjadi komposisi utama dari saus.

Sumber : ibupedia.com

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini