Yuk, Jangan Lupa Ajak Anak Untuk Aktif Berolahraga

0
447

PARENTINGISLAM.ID – – Disamping berolahraga dapat bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan raga, berolahraga juga merupakan aktivitas yang menyenangkan, lho. Setiap anak pasti gemar untuk beraktivitas di luar bersama dengan teman-temannya, seperti bermain bola, bersepeda, dan permainan lainnya.

Namun, dengan seiring perkembangan zaman dan teknologi semakin merajalela, anak-anak juga terkena dampak dari perkembangan teknologi tersebut terutama dalam hal beraktivitas. Pada zaman sekarang ini, sudah tidak aneh jika kita melihat anak-anak diam di dalam rumah dan ditemani dengan internet dan gawainya masing-masing.

Hal ini merupakan hal yang normal, tetapi jika sudah kecanduan maka hal tersebut bisa merusak gaya hidup anak-anak juga. Mereka jadi lebih sering berdiam diri di rumah daripada beraktivitas dan bermain di luar rumah. Akibatnya, banyak anak-anak yang mengalami kasus kelebihan berat badan atau obesitas.Bahkan, jika tren ini terus berlanjut, WHO (World Health Organiization) memperkirakan anak-anak yang menderita obesitas akan meningkat menjadi 70 juta pada tahun 2025.

Untuk itu, mulailah untuk membuat anak-anak beraktivitas di luar ruangan dan berolahraga. Berikut tips dan langkah-langkah bagi para orang tua agar si buah hati senang berolahraga.

1. Jadikan Olahraga Aktivitas Keluarga

Mulailah untuk menjadikan olahraga sebagai bagian untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Cobalah untuk mengikuti aktivitas olahraga bersama, seperti bersepeda, bermain bola, atau pergi naik gunung bersama keluarga.

2. Jangan Biarkan TV Berada di Dalam Kamar

Dengan adanya TV di dalam kamar, anak-anak akan lebih sering menonton kartun atau bermain video games daripada beraktivitas di luar ruangan. Cobalah untuk menempatkan TV di ruang tamu dan sarankan pada mereka untuk memainkan beberapa permainan yang menarik agar anak tidak banyak terpapar layar televisi.

3. Rencanakan Hari Bermain Bersama Teman

Cobalah untuk mengundang beberapa teman-teman si kecil untuk bermain atau berenang bersama. Dengan itu, anak pun akan memiliki ikatan sosial yang lebih baik dan mereka akan lebih sering beraktivitas fisik di luar ruangan.

4. Biarkan Anak Memimpin

Bebaskanlah anak untuk memiliki kegiatan/aktivitas apa yang akan dilakukannya bersama dengan Ayah dan Bunda. Kembangkalah ide dan imajinasi anak untuk mendorong mereka dalam membuat pilihan-pilihan kecil.

5. Jadikan Olahraga Sebagai Sarana

Ayah dan Bunda juga bisa menjadikan olahraga sebagai sarana dalam kegiatan anak. Misalnya ketika hendak pergi ke rumah teman, pergilah dengan cara berjalan kaki ataupun bersepeda.

6. Gunakan Pedometer Untuk Keluarga

Tidak ada salahnya untuk menggunakan pedometer untuk menghitung berapa langkah yang sudah si kecil ambil dan bandingkanlah setiap harinya. Selain itu, bandingkan pula hasil yang didapat si kecil dengan Ayah dan Bunda. Siapa tahu, sedikit persaingan bisa memotivasinya menjadi lebih baik.

Sumber : gayahidup.republika.co.id

3

Red: admin