Ini Dia Tips Ampuh Menjadi Super Dad

0
578

PARENTINGISLAM.ID – – Berikut ini merupakan 7 tips agar Ayah bisa lebih deka dengan si buah hati.

1. Jadilah Lebih Aktif

Memang seringkali Ayah tidak dapat menentukan apa saja hak dan tanggung jawab si kecil. Oleh karena itu, Bunda biasanya ‘meremehkan’ kemampuan Ayah dalam mengurus si kecil. Bahkan dalam urusan menggendong atau memandikan saja, Bunda masih merasa cemas untuk menyerahkan si kecil kepada Ayah.

Maka dari itu, cobalah untuk Ayah berkata, “Aku merasa bisa melakukannya.” atau “Aku akan berhati-hati, anggap saja latihan.” Serta jangan ragu untuk selalu bertanya pada pasangan tentang cara merawat bayi yang benar. Dengan begitu, Ayah pun bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan berani mengambil inisiatif.

2. Perbanyak Ilmu

Jangan berkecil hati ya, jika Ayah merasa belum bisa dekat dengan si kecil. Ayah masih memiliki waktu untuk belajar bagaimana menjadi sosok Ayah yang baik serta membangun ikatan emosional dengan anak. Kalaupun memang tidak bisa berada di dekat si kecil, tetaplah belajar dari buku, mendengar pengalaman teman, ataupun mengorek informasi melalui Bunda.

3. Selalu Terbuka Secara Emosional

Memiliki kedekatan fisik dengan anak memang penting, namun kedekatan emosional juga penting loh. Seorang laki-laki harus bisa membiarkan dirinya lebih peka dan terbuka terhadap rasa. Dengan begitu, Ayah pun bisa lebih mudah berempati pada si kecil.

Kalau si kecil senang, Ayah juga semestinya ikut senang. Jangan sampai si kecil sudah bersenang-senang namun Ayah justru merasa lelah dan ingin buru-buru pulang. Memang hal tersebut tidak mudah, namun seiring waktu pasti hubungan Ayah dan anak akan semakin erat.

4. Jadilah Teman Bagi Anak

Duh, sudah ketinggalan zaman deh kalau Ayah masih jadi tipe suami yang hanya membantu jika disuruh. Maka Ayah selamanya akan memiliki jarak dengan anak. Yuk, sesekali cobalah bangun lebih awal dan membantu Bunda menyiapkan sarapan. Aktiflah untuk menjemput si kecil setiap pulang sekolah. Maka dijamin ia akan merasa sangat senang.

5. Ikut Andil Dalam Membuat Keputusan

Jangan sampai Ayah hanya berkata, “Terserah” atau “Tanya Bunda sana!” ketika anak bertanya sesuatu. Sebaiknya Ayah lebih aktif lagi dalam membantu si kecil membuat keputusan, seperti memilih menu bekal makan siang, warna baju anak, atau sekedar sampul buku pelajarannya. Karena hal itu bisa membuatnya lebih bersemangat ke sekolah setiap hari.

6. Peduli Pada Pasangan

Meskipun Ayah merupakan kepala rumah tangga, tapi cobalah untuk menunjukkan kepedulian terhadap pendapat Bunda. Ia pasti mempunyai alasan-alasan yang baik untuk masa depan anak. Terlibatlah dalam penentuan keputusan, tapi juga jangan lupa untuk mendengarkan pendapat Bunda.

7. Buktikan Pada Bunda, Kalau Ayah Juga Bisa Mengurus Anak

Pasti kebanyakan dari Bunda berpendapat bahwa hanya merekalah yang paling mengerti cara mengurus si kecil. Jika sudah begitu, maka Ayah harus kerja ekstra dalam menunjukkan kompetensi dan kesungguhan dalam mengasuh si kecil. Meski sering ditolak oleh Bunda, jangan patah semangat ya, Ayah. Karena lama kelamaan Bunda juga akan luluh sendiri, kok.

Sumber : ibupedia.com

3

Red: admin