Bunda, Yuk Waspadai dan Hindari 6 Sifat Berikut

0
376

PARENTINGISLAM.ID – – Wanita memang pada dasarnya merupakan perhiasan dunia. Namun tahukan Bunda, sebenarnya ada enam sifat yang harus dijauhi oleh wanita muslimah.

Dalam Ihya’ Ulum Ad-Diin, Imam Al-Ghazali rahimahullah menyebutkan,

لاَ تَنْكِحُوا مِنَ النِّسَاءِ سِتَّةٌ لاَ أَنَّانَةَ وَلاَ مَنَّانَةَ وَلاَ حَنَّانَةَ وَلاَ تَنْكِحُوْا حَدَّاقَةَ وَلاَ بَرَّاقَةَ وَلاَ شَدَّاقَةَ

Sebagian orang Arab berkata, ‘Janganlah menikahi enam wanita: annaanah, mannaanah, hannaanah, haddaqah, barroqoh, dan syaddaqah.’

Apa ya arti enam sifat wanita tersebut? Yuk simak satu-satu penjelasannya berikut ini.

1. Annanah

Annanah merupakan wanita yang banyak mengeluh dan mengaduh, dan wanita ini seumpama ia membalut kepalanya dengan perban setiap waktu. Jika wanita ini dinikahi, maka sama saja seperti menikahi orang yang sakit atau orang yang pura-pura sakit, tidak ada kebaikan yang bisa didapatkan oleh suami.

2. Mannanah

Mannanah merupakan wannita yang selalu mengungkit-ungkit kebaikan dirinya sendiri di hadapan suaminya. Misalnya ia berkata, “Aku sudah melakukan ini dan itu karena kamu.”

3. Hannanah

Hannanah merupakan wanita yang merindukan suami/laki-laki lain atau anak dari suami yang lain.

4. Barroqoh

Terdapat dua makna barroqoh, yang pertama adalah wanita yang sepanjang hari berdandan dan berhias diri supaya wajahnya berkilau, bersinar, dan semua hal itu hanyalah kepura-puraan.

Makna yang kedua adalah barroqoh ini adalah tipe wanita yang sering marah-marah di hadapan makanan. Ia tidak akan makan kecuali sendirian, dan jikalau ia makan, makanpun hanyalah sedikit. Mereka menyebut istilah ini untuk anak kecil yang sedang marah ketika makan.

5. Syaddaqah

Syaddaqah ini merupakan tipe wanita yang banyak berbicara. Dalam hadits disebutkan, “Allah membenci orang tsartsarin (banyak cakap) mutasyaddaqin (banyak bicara).”

Sumber : rumaysho.com

3

Red: admin