[PART 2] Mengajarkan Anak Adab Pergi ke Masjid Sejak Dini

0
510

PARENTINGISLAM.ID – – Sebagai orang tua, merupakan kewajiban bagi kita untuk selalu mengajarkan dan mendidik anak sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan as-Sunnah. Selain mendidik dalam mengajak anak rajin beribadah di masjid, kita juga perlu untuk mengajarkan anak adab-adab pergi ke masjid.

Berikut merupakan adab-adab menuju masjid yang perlu kita ajarkan kepada anak sejak dini.

7. Masuk Majid dengan Kaki Kanan

Anjurkanlah kepada si kecil untuk masuk masjd dengan kaki kanan terlebih dahulu sambil membaca doa berikut.

بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

BISMILLAH WASSALAAMU ‘ALA ROSULILLAH. ALLOHUMMAGHFIR LII DZUNUUBI WAFTAHLII ABWAABA ROHMATIK (artinya: Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah kepadaku pintu rahmat-Mu).”(HR. Ibnu Majah)

8. Mengerjakan Shalat Sunnah Tahiyyatul Masjid

Apabila sudah berada di dalam masjid, kerjakanlah shalat Sunnah tahiyyatul masjid sebanyak dua rakaat.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَخَلَ أحَدُكُمُ المَسْجِدَ ، فَلاَ يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ

Jika salah seorang di antara kalian masuk masjid, maka janganlah ia langsung duduk sampai mengerjakan shalat dua rakaat.” (HR. Bukhari)

9. Memilih Shaf Pertama

Bagi laki-laki dianjurkan untuk memilih shaf pertama dan memilih shaf sebelah kanan jika lebih mudah.

Rasulullah shalallahhu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الأَوَّلِ ، ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إلاَّ أنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لَاسْتَهَمُوا

Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan cara mengadakan undian, pasti mereka melakukannya.” (HR. Bukhari)

10. Menunggu Waktu Shalat

Tunggulah waktu shalat dengan tidak mengganggu orang lain. Orang yang menunggu shalat akan senantiasa mendapatkan doa para malaikat dan dianggap telah berada dalam shalat.

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَةٍ مَا دَامَتِ الصَّلاَةُ تَحْبِسُهُ ، لاَ يَمْنَعُهُ أَنْ يَنْقَلِبَ إِلَى أَهْلِهِ إِلاَّ الصَّلاَةُ

Salah seorang di antara kalian dianggap terus menerus di dalam shalat selama ia menunggu shalat di mana shalat tersebut menahannya untuk pulang. Tidak ada yang menahannya untuk pulang ke keluarganya kecuali shalat.” (HR. Bukhari)

11. Tidak Keluar Masjid Kecuali Ada Hajat

Apabila kita sudah berada di masjid dan kemudian adzan berkumandang, janganlah keluar dari masjid kecuali jika ada hajat.

Dalam hadits disebutkan,

مَنْ أَدْرَكَهُ الْأَذَانُ فِي الْمَسْجِدِ ثُمَّ خَرَجَ -لَمْ يَخْرُجْ لِحَاجَةٍ وَهُوَ لَا يُرِيدُ الرَّجْعَةَ- فَهُوَ مُنَافِقٌ

Barangsiapa yang mendapati azan di masjid, lalu keluar (dan keluarnya bukan karena suatu kebutuhan, dan ia tidak berniat untuk kembali ke masjid) maka ia munafik.” (HR. Ibnu Majah)

12. Keluar Dengan Kaki Kiri Dan Membaca Doa

Jika hendak keluar masjid, dianjurkan untuk mendahulukan kaki kiri serta membaca doa keluar masjid.

بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ فَضْلِكَ

BISMILLAH WASSALAAMU ‘ALA ROSULILLAH. ALLOHUMMAGHFIR LII DZUNUUBI WAFTAHLII ABWABAA FADHLIK(artinya: Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu karunia-Mu).”(HR. Ibnu Majah)

[Baca [PART 1 ] Mengajarkan Anak Adab Pergi ke Masjid Sejak Dini]

Sumber : rumaysho.com

3

Red: admin