Cegah Si Kecil Agar Aman dari Virus Corona

0
162

PARENTINGISLAM.ID – – Belum lama ini Jabodetabek terjangkit oleh virus Hepatitis A, dan sekarang ada lagi virus yang harus kita semua waspadai yaitu virus Corona. Tercatat lebih dari 4.500 orang yang terjangkit virus corona dan sudah menelan korban sebanyak 106 korban jiwa. Virus corona ini bahkan telah masuk ke negara Thailand, Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Australia dan Jerman.

Coronaviruses atau virus corona adalah jenis sekelompok virus yang bisa menyebabkan penyakit dari skala rendah seperti flu hingga penyakit berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV). Novel coronavirus atau NCoV adalah turunan baru yang belum diidentifikasi pada manusia. Coronaviruses ini bersifat zoonotik, atau secara alami bisa ditularkan dari hewan (termasuk jenis mamalia) ke manusia. Virus corona adalah virus yang menyebabkan infeksi di saluran pernapasan atas, seperti hidung, sinus, dan bagian atas tenggorokan.

Penyebaran Virus Corona

Virus corona ini bisa menyebar secara langung dan tidak langsung. Penyebaran secara tidak langsung misalnya lewat udara (batuk dan bersin), menyentuh tangan atau wajah penderitanya, serta menyentuh benda-benda yang tersentuh oleh penderita (misalnya gagang pintu, ponsel, dan lain-lain). Sedangkan penyebaran secara langsung adalah bersentuhan dengan penderita.

Gejala Umum Virus Corona

Gejala virus corona sama seperti flu pada umumnya, yaitu infeksi pada saluran pernapasan atas, hidung berair (pilek), batuk, sakit tenggorokan, pusing, dan demam.

Jika ini adalah penyakit umum, lalu kenapa virus corona ini jadi penyakit yang berbahaya, ya?

Karena virus corona bisa menyebar ke saluran pernapasan bawah, yang kemudian menyebabkan bronchitis, pneumonia, gagal ginjal, dan bahkan kematian loh. Biasanya, tanda-tanda umum pneumonia adalah batuk berdahak kekuningan, kehijauan, bahkan berdarah, demam, menggigil, berkeringat, dan sesak napas. Bagi anak-anak, pneumonia juga bisa membuat muntah.

Pencegahan Virus Corona

Lalu gimana cara mencegah terjangkit virus corona? Kita dapat mencegah virus corona seperti melakukan pencegahan flu pada umumnya. Praktikkan langkah pencegahan berikut kepada si buah hati.

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya 20 detik, dan bersihkan tangan dengan hand sanitizer.

  2. Hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan, serta hindari kontak dengan penderita flu.

  3. Untuk sementara waktu, hindari tempat-tempat ramai dan berhati-hatilah ketika berada di kawasan rumah sakit.

  4. Segeralah mandi dan membersihkan badan setelah pulang dari tempat ramai.

  5. Banyak makan-makan bergizi, vitamin, dan perbanyak istirahat.

  6. Hindari kontak dengan hewan liar.

  7. Gunakan masker untuk mencegah virus dan mencegah kita untuk menyentuh wajah secara langsung. Masker yang disarankan adalah masker N95

Cara Mengatasi Virus Corona

Untuk saat ini, belum ada vaksin dan obat untuk mengatasi virus corona ini. Namun, jika Bunda atau si kecil terkena flu corona ringan, dapat diatasi dengan memperbanyak minum dan istirahat. Tapi, tetap disarankan untuk segera mendaparkan perawatan ke dokter ya, Bunda.

Sumber : ibupedia.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

711

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini