Persiapkan Hal Berikut Untuk Menyambut Anak Pertama

0
352

PARENTINGISLAM.ID – – Bunda, siapa sih yang tidak senang menyambut kelahiran anak pertama? Rasa senang bercampur dengan rasa gugup ketika semakin mendekati tanggal persalinan. Untuk itu, diperlukan berbagai macam persiapan dalam menyambut si kecil, seperti mempersiapkan kamar bayi, perlengkapan bayi, persiapan finansial, mental, dan banyak hal lainnya.

Idealnya, persiapan dilakukann pada trisemester kehamilan. Walaupun HPL (Hari Perkiraan Lahir) masih sebulan lagi, tapi tidak ada salahnya Bunda mulai siap-siap berbagai keperluan teknis. Nah, agar lebih mudah, Bunda bisa membuat check list beberapa hal berikut.

1. Memilih Tempat Bersalin

Biasanya, pemilihan tempat bersalin sudah diputuskan ketika Bunda memilih dokter kandungan atau bidan. Dengan memilih rumah sakit yang sama dengan tempat Bunda melakukan control kehamilan, maka dokter pun sudah memahami riwayat kesehatan Bunda.

Selain itu, beberapa kriteria yang biasanya menjadi bahan pertimbangan dalam memilih tempat bersalin adalah biaya persalinan, fasilitas, reputasi dokter, dan fasilitas NICU.

2. Menentukan Metode Persalinan

Dengan perkembangan teknologi, dunia kesehatan dan kedokteran sudah semakin canggih. Metode persalinan pun semakin beragam, mulai dari persalinan normal, caesar, dan bahkan persalinan di dalam air (waterbirth)

Selain itu, ada juga penggunaan teknik hipnotis diri untuk mengurangi rasa sakit menjelang dan saat persalinan (hypnobirthing)

3. Mempersiapkan Tas Bersalin

Tas bersalin ini berisi perlengkapan Bunda dan bayi selama di rumah sakit. Sebaiknya, pisahkan perlengkapan Bunda dan bayi ke dalam tas terpisah, ya.

Perlengkapan Bunda : baju menyusui, bra menyusui, kain jarik, pembalut untuk nifas, gurita, breast pump, breast pad, apron, dan handuk

Perlengkapan bayi : baju dan celana, sarung tangan dan kaki, popok kain, kupluk, kain bedong, minyak telon, tissue, selimut, handuk, bantal bayi, dan hand sanitizer

4. Senam Hamil Secara Rutin

Salah satu persiapan yang dapat dilakukan sejak awal kehamilan adalah melakukan senam hamil secara rutin. Senam hamil ini dapat berfungsi untuk mempersiapkan tubuh ketika proses persalinan. Prenatal yoga adalah salah satu jenis senam hamil yang disarankan karena termasuk olahraga low impact namun besar manfaatnya.

5. Belajar Tentang Tahapan Persalinan

Pengetahuan tentang tahapan persalinan tidak boleh dilewatkan dalam persiapan melahirkan anak pertama. Dengan mengetahui secara detail, Bunda bisa lebih siap dalam menghadapi persalinan. Hal-hal yang perlu diketahui antara lain frekuensi dan durasi kontraksi, teknik pernapasan saat kontraksi dan mengejan, tanda pecah ketuban, detak jantung bayi dan jumlah tendangan, apa yang harus dilakukan dalam kondisi darurat, dan sejenisnya.

6. Siap Mental

Nah, yang terakhir dan yang paling penting adalah mempersiapkan mental. Tanamkan dalam pikiran bahwa Bunda dapat menjalani persalinan dengan lancar dan semua akan baik-baik saja. Perbanyaklah bersyukur, pikiran positif, serta lakukanlah hal-hal yang menyenangkan untuk meningkatkan mood positif dalam diri Bunda.

Sumber : ibupedia.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

733