Ini Dia Macam-Macam Keluhan Sakit Gigi yang Sering Dialami Si Kecil

0
174

PARENTINGISLAM.ID – – Bunda, pasti ada waktu di mana si kecil mengeluh sakit pada giginya. Sebenarnya, sakit pada gigi dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti tumbuhnya gigi baru, adanya gigi yang berlubang, ataupun gusi yang membengkak.

Namun pada umumnya, sakit gigi bermula dari adanya retakan pada gigi yang biasanya tidak disadari. Nah, gigi seperti ini merupakan gigi yang rapuh dan memungkinkan kuman dan bakteri masuk lebih mudah pada bagian tengah gigi (pulpa). Pulpa yang terinfeksi akan menyebabkan rasa ngilu dan nyeri bahkan sampai menimbulkan sakit kepala.

Duh, pastinya Bunda nggak tega ya kalo si kecil merasakan sakit yang seperti itu.

Berikut beberapa keluhan sakit gigi yang sering dialami si kecil :

1. Gigi Keropos

Gigi keropos biasanya disebabkan karena penggunaan dot saat menjelang tidur. Kebanyakan orang tua erpikir bahwa dot atau botol susu akan menolong anak minum hingga tertidur. Padahal, seharusnya minum susu tidak dibiarkan saat anak sedang tertidur tetapi saat anak sadar.

Tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi setelah penggunaan dot inilah yang menyebabkan gigi menjadi keropos. Jika diibiarkan, maka bakteri akan tertinggal di mulut dan perlahan-lahan mengikis gigi.

2. Gigi Berlubang

Gigi berlubang disebabkan karena bekteri dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Bakteri tersebut akan berkembang dan mengikis gigi sehingga membuat lubang pada gigi.

Ciri-ciri gigi yang berlubang adalah adanya bercak putih kekuningan. Pada beberapa kasus, gigi berlubang ditandai dengan menghitamnya bagian gigi yang berlubang.

3. Plak Gigi

Plak biasanya disebabkan oleh bakteri dari sisa makanan yang tidak dibersihkan secara maksimal. Plak ini berbentuk seperti pasta putih yang menempel di gigi atau di sela-sela gigi. Nah, plak tersebut bisa mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

4. Radang Gusi

Radang gusi biasanya karena anak tidak rutin merawat giginya, Jika Bunda tidak rutin membersihkan gigi si kecil, maka dapat menyebabkan radang gusi pada anak. Radang ini juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin C.

5. Gigi Maju

Gigi yang maju bukan berarti berasal dari genetika loh, Bun, tetapi bisa juga karena kebiasaan menggunakan dot, mengisap jari, ataupun mengisap bibir bawah. Nah, aktivitas mengisap inilah yang akan menekan langit-langit mulut dan memaksa stuktur gigi depan menjadi lebih maju.

Pada kasus ini, gigi anak bisa kembali seperti awal tetapi memang butuh usaha dan penanganan yang bertahap

6. Susunan Gigi Tidak Rapi

Gigi yang tidak rapi ini biasanya disebabkan oleh faktor genetika. Tetapi, gigi susu yang tanggal lebih awal juga bisa mempengaruhi kerapihan gigi. Jika ada gigi yang tanggal, sebaiknya gigi tersebut harus tetap terjaga dalam bentuknya ya, Bunda agar susunan gigi yang lain juga tetap pada tempatnya.

7. Gigi Patah

Gigi patah bisa disebabkan dari insiden atau kecelakaan yang terjadi pada anak yang kemudian membetur gigi. Jika gigi si kecil patah, Bunda bisa membawanya ke dokter gigi anak untuk melakukan pengecekan radiologi untuk mengetahui apakah gigi yang patah tersebut mempengaruhi syaraf atau tidak.

Nah, dari hasiil tersebut dokter bisa memutuskan apakah gigi tersebut akan ditambal atau hanya diperlukan penanganan pada saluran akarnya.

8. Sariawan

Sariawan timbul karena adanya bakteri dari sisa makanan yang tertinggal di mulut. Untuk itu, penting bagi Bunda untuk selalu mengajarkan pentingnya membersihkan gigi dan mulut, sebelum tumbuh gigi. Penggunaan kasa dan air hangat dapat Bunda gunakan untuk membersihkan lidah, langit-langit, dan gusi pada anak.

Sumber : ibupedia.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

702

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini