Yuk, Ajarkan Anak Adab-Adab Ketika Bangun Tidur

0
380
A nice child girl enjoys sunny morning. Good morning at home. Child girl wakes up from sleep.

PARENTINGISLAM.ID – – Tidur merupakan kebutuhan pokok setiap orang untuk mendapatkan tubuh yang senantiasa bugar dan pikiran yang senantiasa segar. Nah, dalam tidur pun ada adab-adab yang harus kita ketahui nih, Bunda. Yuk, ajarkan adab-adab bangun tidur yang biasa dilakukan oleh Rasulullah kepada anak.

Berikut merupakan adab dan kebiasaan yang dilakukan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam setiap bangun tidur.

1. Mengusap Bekas Tidur di Wajah

Rasulullah memiliki kebiasaan mengusap wajah bekas tidur setiap kali bangun tidur. Ini seperti yang diceritakan oleh Ibnu Abbas, “Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya.” (HR. Ahmad, Bukhari, Nasai, dan lainnya)

2. Membaca Do’a Bangun Tidur

Adab yang kedua adalah beliau selalu membaca do’a bangun tidur. Adapun do’anya adalah sebagai berikut,

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amatanaa wa ilaihinnusyuur

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.”

3. Membaca 10 Ayat Terakhir Surat Ali Imran

Adab ketiga adalah setiap kali beliau bangun tidur, beliau akan membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran dii dalam Al-Qur’an.

4. Menggosok Gigi (Bersiwak)

Adab keempat adalah menggosok gigi atau bersiwak. Sahabat Rasulullah, Hudzaifah r.a menceritakan, “Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Membersihkan Hidung

Adab yang kelima adalah membersihkan hidung. Membersihkan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menyedot air lewat hidung kemudian mengeluarkannya. Dianjurkan untuk melakukan hal ini sebanyak 3 kali setiap bangun tidur. Hal ini dimaksudkan agar kita terhindari dari godaan setan dan segala keburukan.

6. Mencuci Kedua Tangan Sebanyak 3 Kali

Adab yang keenam adalah mancuci kedua tangan sebanyak 3 kali. Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah bersabda, “Apabila kalian bangun tidur, maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui di mana tangannya semalam berada.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sumber : fimela.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

715

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini