Kapan Ya, Anak Bisa Dikatakan Sudah Memasuki Usia Baligh?

0
582

PARENTINGISLAM.ID – – Ketika anak sudah memasuki usia baligh, maka Islam mewajibkan umatnya untuk mengikuti segala perintah Allah dan meninggalkan seluruh larangannya. Itu artienya, jika anak melaksanakan perintah agama maka ia akan mendapat pahala, dan sebaliknya jika meninggalkan perintah agama maka ia akan menanggung dosanya sendiri.

Lalu, kapan ya anak dikatakan cukup umur atau baligh menurut Islam?

Bunda, sebenarnya tidak ada patokan usia mengenai kapan anak dikatakan baligh. Para ulama pun memiliki bermcam-macam pendapat mengenai ketentuan usia baligh yang sempurna bagi anak laki-laki maupun perempuan.

Nah, untuk memudahkan Bunda mengetahui apakah anak sudah mencapai usia baligh atau belum, dapat dilihat melalui tanda-tanda yang ada dalam diri anak. Mayoritas ulama berpendapat, bahwa tanda-tanda kedewasaan seorang anak laki-laki adalah al-ihtilam atau bermimpi berhubungan suami-istri. Sementara tanda baligh untuk anak perempuan ditandai dengan menstruasi.

Allah berfirman,

وَإِذَا بَلَغَ الْأَطْفَالُ مِنْكُمُ الْحُلُمَ فَلْيَسْتَأْذِنُوا كَمَا اسْتَأْذَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya : “Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur baligh, maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin.” (Surat AN-Nur: 59)

Begitu pula sabda dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam,

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثٍ: عَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ، وَعَنِ الصَّغِيرِ حَتَّى يَكْبُرَ، وَعَنِ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَعْقِلَ

Artinya : “Pena-pencatat amal-itu diangkat dari tiga; dari anak kecil sehingga ia dewasa, dari orang gila sampai ia sadar, dan dari yang tidur sampai ia bangun.”

Jika anak telah menunjukkan tanda-tanda baligh tersebut, maka orang tua perlu memberikan pemahaman yang baik mengenai apa yang harus ia lakukan pada usia tersebut. Jelaskanlah padanya mengenai tanggung jawab yang sudah harus ia pikul sendiri.

Selain itu, orang tua juga perlu membekali anak tentang hal-hal apa saja yang boleh dan yang tidak boleh, juga cara bersuci yang benar khusunya dari hadas besar.

Sumber : kumparan.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

771