Siti Khadijah, Teladan yang Dapat Dijadikan Contoh Untuk Bunda

0
523

PARENTINGISLAM.ID – – Menjadi seorang ibu dan seorang istri memang tidak mudah. Selalu ada halangan dan rintangan dalam setiap perjalanannya. Namun, hal itu memang wajar kok, jadi tetap semangat ya Bunda!

Nah, jika Bunda butuh inspirasi, maka sosok ini dapat dijadikan teladan bagi Bunda dalam mengurus rumah tangga. Dia adalah Siti Khadijah.

Siti Khadijah merupakan istri pertama Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau telah mendampingi Rasulullah selama kurang lebih 24 tahun.

Beberapa hal ataupun sifat yang bisa ditiru oleh Bunda dari Siti Khadijah di antaranya adalah.

1. Mandiri Secara Finansial

Tahu nggak, Bun, Siti Khadijah itu dikenal sebagai wanita yang kaya raya dan sangat tersohor, loh. Khadijah bisa hidup mewah dengan hartanya sendiri karena kesuksesannya dalam menjalankan bisnis perniagaannya. Wanita yang pernah dijuluki sebagai Ratu Mekkah ini membuktikan bahwa perempuan pun bisa berperan untuk membantu keuangan dalam rumah tangga. Ia juga membuktikan bahwa perempuan bisa menghargai dirinya sendiri dengan menjemput rezekinya sendiri.

2. Selalu Mendukung Suami dalam Kebaikan

Khadijah merupakan orang pertama yang masuk Islam setelah Rasulullah menerima wakyu dari Malaikat Jibril di Gua Hira. Saat itu, orang-orang masih belum mempercayai kenabian suaminya. Sehingga ketika semua orang mendustakan dan menyisihkan Rasulullah, hanya Khadijah yang meyakininya. Ia bahkan menyerahkan seluruh kekayaannya demi membantu suaminya dalam menyiarkan Islam pertama kali.

Walaupun setelah suaminya menerima wahyu ia menderita dan kehilangan kekayaannya, namun penghormatan kepada suaminya tidak pernah goyah. Khadijah tetap menjadi pilar kekuatan Rasulullah

3. Penasihat yang Baik

Dan tahukah Bunda, bahwa Khadijah merupakan tempat bercerita Nabi Muhammad yang paling nyaman. Ia bisa menjadi sosok istri yang dapat menenangkan kegelisahan Nabi Muhammad saat awal-awal beliau menerima wahyu. Khadijah juga sering memberikan saran-saran terbaik kepada Rasullah dalam berbagai masalah yang dihadapinya kala itu.

4. Istri yang Setia

Siti Khadijah adalah istri yang setia untuk selalu mendampingi Nabi Muhammad baik dalam keadaan susah maupun senang. Setiap kali Rasulullah pergi ke Gua Hira untuk menerima wahyu, ia selalu menyiapkan segala perbekalan dan keperluan Nabi Muhammad. Ia pun selalu memantau dan memastikan keselamatan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam di Gua Hira bila suaminya itu tidak pulang dalam waktu yang cukup lama.

5. Suka Menolong Keluarga

Setelah Rasulullah dan Siti Khadijah menikah, ibu asuh Nabi Muhammad yaitu Halimah sering menemuinya untuk meminta pertolongan. Dan Siti Khadijah selalu berinisiatif lebih dulu memberikan pertolongan pada ibu asuk Rasulullah sebelum suaminya itu meminta padanya.

Sumber : kumparan.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini