Lima Cara Penting Dalam Mendidik Anak Untuk Shalat Sejak Dini

0
382

PARENTINGISLAM.ID – – Setiap manusia memang memiliki kewajiban untuk melaksanakan shalat lima waktu. Namun, ternyata masih ada saja yang masih lalai ataupun malas-malasan dalam melaksanakan shalat lima waktu ini. Maka dari itu, dalam pelaksanaan shalat hendaknya dibiasakan sejak dini agar ketika ia dewasa, ia pun sudah terbiasa untuk melaksanakan shalat 5 waktu.

Sebenarnya, mulai dari usia berapa sih anak harus dibiasakan untuk melaksanakan shalat?

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perintahkan anak-anakmu agar mendirikan shalat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah karenanya tatkala mereka telah berumur sepuluh tahun.” (HR. Abu Dawud dan Al-Hakim)

Selain itu, dalam hadits lain juga Rasulullah bersabda, “Apabila seorang anak dapat membedakan mana kanan dan kiri, maka perintahkanlah dia untuk mengerjakan shalat.” (HR. Thabrani)

Jadi, gimana ya caranya agar si kecil mau melaksanakan shalat? Berikut terdapat lima cara mendidik anak untuk memulai shalat sejak dini.

1. Orang Tua Harus Menjadi Teladan Bagi Anak

Langkah yang paling dasar adalah orang tua harus bisa menjadi teladan utama bagi anak-anaknya. Jika Bunda ingin si kecil belajar shalar sejak dini, maka Bunda juga harus memberi contoh kepada anak dengan melaksanakan shalat tepat pada waktunya. Karena anak sangat pandai dalam mengamati dan menirukan perilaku orang lain.

2. Memberikan Pemahaman Pentingnya Melaksanakan Shalat

Orang tua hendaknya memberikan pemahaman kepada anak tentang pentingnya melaksanakan shalat bagi umat Islam. Caranya bisa dengan menjelaskan kepada anak bahwa shalat merupakan kewajiban bagi umat Islam.

Selain itu, jelaskan pula bahwa shalat dapat menjadi sarana penghubung bagi manusia untuk berkomunikasi dengan Allah. Dan tambahkan juga jika mereka konsisten dalam melaksanakan shalat maka mereka akan mendapatkan imbalan surga di akhirat nanti.

3. Ajak Anak Untuk Shalat Bersama-Sama

Ajaklah anak untuk melakukan shalat bersama-sama dengan orang tua. Seperti yang telah dijelaskan oleh Rasulullah bahwa apabila anak sudah bisa membedakan antara kiri dan kanan, maka hendaknya ia sudah bisa dibiasakan untuk melaksanakan shalat. Karena itu tandanya otak anak telah cukup berkembang.

4. Ajak Anak Untuk Shalat Bersama-Sama di Masjid

Sesekali ajaklah anak untuk shalat bersama-sama di masjid. Dengan mengajaknya shalar berjamaah di masjid, maka anak akan lebih bersemangat dalam melaksanakan shalat, karena biasanya mereka akan bertemu teman-teman lainnya yang sedang melaksanakan shalat berjamaah juga. Selain itu, anak pun dapat lebih mudah untuk bersosoialisasi dengan orang lain di lingkungannya.

5. Berikan Hukuman Jika Anak Lalai Melaksanakan Shalat

Berikanlah hukuman kepada anak saat ia lalai dalam melaksanakan shalat. Tapi yang paling penting, tidak boleh memberikan sanksi yang membawa kepada kemudaratan.

Rasulullah bersabda, “Perintahkan anak-anakmu agar mendirikan shalat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah karenanya tatkala mereka telah berumur sepuluh tahun.” (HR. Abu Dawud dan Al-Hakim)

Sumber : islami.co

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

745