[Fun Fact] Ketahui Fakta-Fakta Menarik Seputar Bayi Baru Lahir

0
450

PARENTINGISLAM.ID – – Dibalik tubuh mungilnya, wajah menggemaskannya, dan kulitnya yang lembut, ada segudang fakta-fakta menarik seputar bayi baru lahir yang jarang diketahui banyak orang loh.
Hmm, apa aja ya kira-kira?

Yuk, simak fakta-fakta menarik seputar bayi baru lahir berikut ini.

1. Bayi Menangis Tanpa Mengeluarkan Air Mata

Ketika baru lahir, bayi menangis tanpa mengeluarkan air mata. Bayi baru lahir pada umumnya tidak memproduksi air mata hingga ia berusia beberapa minggu. Hal ini terjadi karena kelenjar air matanya belum benar-benar berkembang dengan sempurna. Setelah berumur sekitar 2-3 bulan, barulah bayi menangis dengan disertai linangan air mata. Sebab di usia itu produksi air mata bayi semakin meningkat.

2. Memiliki Tanda Lahir

Umumnya, bayi baru lahir memiliki minimal satu tanda lahir. Tapi jangan khawatir Bunda, karena hal tersebut adalah normal. Sekitar 80% bayi dilahirkan dengan memiliki tanda lahir. Tanda lahir terjadi saat pembuluh darah kecil di bawah kulit melebar saat persalinan.

Tanda lahir sendiri muncul dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Namun biasanya tanda lahir ini akan menghilang dengan sendirinya saat anak berusia tiga tahun. Tapi ada pula beberapa tanda lahir akan menetap, bahkan melebar.

3. Bayi Baru Lahir Memiliki 300 Tulang

Berbeda dengan orang dewasa, jumlah tulang bayi saat baru lahir berjumlah sebanyak 300. Tapi seiring bertambahnya usia, jumlah tulang berkurang menjadi 206 karena beberapa tulang telah menyatu satu sama lain.

Misalnya, tengkorak bayi memiliki beberapa tulang lunak yang saling tumpang tindih selama melahirkan untuk memudahkan sang bayi keluar dari perut Bundanya. Sebelum tengkorak tumbuh sepenuhnya, itu hanyalah area yang licin dan sensitif.

4. Sudah Dapat Mendengar, Mencium, dan Melihat dengan Baik

Ketika bayi baru lahir, kemampuan mendengarnya memang belum sempurna, karena telinga tengahnya masih terisi cairan yang sedikit mengganggu pendengaran. Namun, bayi bisa mengenali suara Bundanya. Suara yang paling sering didengarnya dan paling jelas ketika ia masih berada dalam kandungan.

Oleh karena itu, bayi merespon lebih baik suara Bundanya dibandingkan suara orang lain. Bahkan bayi baru lahir yang tertidur pun dapat mengenali suara Bundanya hanya dengan satu kata.

Bahkan penciumannya pun akan meningkat pada tahap ini. Tapi memang penglihatannya tidak terlalu baik karena bayi yang baru lahir mengalami rabun jauh. Bayi baru bisa melihat benda atau apapun dalam jarak 8–12 inci darinya. Hal ini disebabkan karena otak bayi tidak bisa memproses informasi sekitar 8-15 inci.

Otak bayi mengandung sekitar 100 miliar neutron, itulah sebabnya mereka memperhatikan semua yang ada di sekelilingnya. Sehingga dibutuhkan beberapa minggu agar bayi dapat membedakan secara visual antara Bundanya dan orang dewasa lainnya.

5. Mengenali Suara yang Didengarnya Saat Dalam Kandungan

Bayi dapat mengenali suara-suara yang didengarnya saat di dalam rahim (seperti tilawah, shalawat, dan lain sebagainya) sampai dengan 4 bulan setelah kelahiran. Oleh karena itu, saat bayi sedang rewel coba Bunda berikan lagu-lagu yang biasa didengarnya saat hamil, karena hal itu bisa membuat bayi lebih tenang.

6. Memasukkan Apapun ke Dalam Mulut

Bayi yang baru lahir memang terkadang memasukkan jari ke dalam mulutnya. Nah, beberapa bulan kemudian, ketika ia sudah bisa memegang benda, ia akan cenderung untuk memasukkan segala sesuatu ke mulutnya.

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang baru lahir memang memiliki naluri ntuk meletakkan segala sesuatu di mulut mereka sebagai bagian dari upaya bertahan hidup. Karena dengan memasukkan sesuatu ke dalam mulut diartikan sebagai kemampuan untuk bisa makan.

7. Bayi Baru Lahir akan Kehilangan Rambut

Ketika lahir, seluruh kulit tubuh bayi ditumbuhi rambut-rambut halus yang disebut dengan lanugo. Nah, rambut-rambut ini akan rontok secara perlahan, sehingga memang sering kali tidak disadari. Dan tidak lama kemudian lanugo akan benar-benar menghilang.

8. Memiliki Feses Pertama Berwarna Hitam Kehiijauan

Feses pertama bayi terdiri dari zat lengket gelap yang disebut juga dengan meconium. Feses pertama ini akan diproduksi oleh bayi setelah 2 hari pertama sejak ia lahir. Bunda jangan khawatir jika feses tersebut berwarna hijau tua kehitaman karena hal tersebut merupakan hal yang wajar. Lama kelamaan feses akan berubah warna menjadi hijau kecoklatan, lalu berubah lagi menjadi kuning dengan tekstur yang lebih padat.

Sumber : hellosehat.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

730

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini