Anak Suka Ngomong Kasar Karena Temen-Temennya? Begini Cara Mengatasinya

0
401

Diasuh oleh: Alva Handayani, M.Psi.*

Pertanyaan :

Assalamualaikum, bagaimana ya cara mengatasi pergaulan anak yang sangat buruk? Karena tiap anak saya ikut-ikutan main, pulangnya juga bawa-bawa kata-kata yang kasar dan kotor. Tolong pencerahannya yaa.

Jawaban :

Waalaikumsalam Bunda, untuk mengatasi anak yang terbawa pengaruh buruk lingkungan sekitarnya, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan nih. Yuk di simak satu-satu.

1. Mampu Memilih yang Baik bagi Anak

Seorang anak memang tidak bisa meghindari sosial. Justru yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara kita sebagai orang tua dalam memilih lingkungan dan pengaruh sosial yang baik bagi anak. Misalnya kita mencarikan lingkungan sekolah, tempat les, dan lingkungan rumah yang baik bagi perkembangan anak. Karena salah-salah, maka lingkungan yang buruk tersebut bisa berdampak dan memberikan pengaruh buruk pada anak.

Namun, jika pengaruh buruk tersebut memang berasal dari teman-temannya di lingkungan rumah, maka Bunda bisa mengajarkan kepada anak mana yang baik dan mana yang buruk serta alasannya. Tapi yang perlu diingat, jangan ngasih tahu anak sambal marah-marah ya, Bunda. Cukup diingatkan dan diberitahu pada anak.

2. Buat Aturan Di Dalam Rumah

Buatlah aturan lokal di dalam rumah bahwa tidak boleh berbicara kasar. Agar suatu saat jika teman-temannya sedang main di rumah dan salah satu anak kedapatan berkata kotor, Bunda bisa langsung bicara, “Eits, disini ga boleh ngomong kasar yaa.”

3. Coba Ajak Teman-Temannya Main di Rumahnya

Sesekali, coba deh Bunda ajak teman-temannya untuk main ke rumah agar kita lebih mudah dalam mengontrol pembicaraan mereka. Bunda juga bisa tahu mana saja anak yang kira-kira membawa pengaruh buruk kemudian ajarkan kepada anak bahwa kata-kata tersebut merupakan kata-kata yang buruk dan kotor sehingga tidak boleh diucapkan.

4. Mengajari Anak Tentang Pengendalian Diri

Jika di rumah Bunda sudah menerapkan aturan dilarang berbicara kasar, maka secara tidak sadar anak akan terbiasa dan membawa aturan tersebut sampai ke luar rumahnya. Jadi, anak pun dapat mengontrol situasi dengan baik. Dan jika anak sudah mendapatkan ilmu tentang pengendalian diri, maka ia pun dapat menjaga dirinya sendiri terhadap dampak buruk lingkungannya.

Sampaikan pertanyaan sahabat parenting  melalui  inbox di  instagram@parenting_islam.id atau melalui Fanpage Facebook Parenting Islam  di link berikut ini: Parenting Islam ID 

*Rubrik konsultasi parenting ini diasuh oleh Alva Handayani, M.Psi., seorang psikolog profesional , konsultan, narasumber, dan penulis buku.

Sumber : Youtube Parenting Islami

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

707

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini