Cek Perkembangan Si Kecil yang Sudah Menginjak 5 Tahun

0
468

PARENTINGISLAM.ID – – Hore anak sudah genap berusia 5 tahun! Si kecil sudah semakin besar dari hari ke hari dan perkembangannya pun sangat pesat. Selalu saja ada tingkah dan hal-hal baru yang ia tunjukkan. Nah, kalo anak udah berusia 5 tahun kira-kira sudah bisa melakukan apa saja ya? Yuk cek list berikut.

1. Menyeimbangkan tubuh selama 1-6 detk dengan mengangkat satu kaki

2. Jungkir balik dan melompat

3. Memanjat

4. Mampu menggambar manusia dengan bagian tubuhnya (seperti kepala, tangan, kaki, jari, telinga, mulut, mata, dan hidung)

5. Meniru atau menyalin bentuk gambar orang lain (misalnya segitiga, kotak, lingkaran)

6. Mampu memakai sendok dan garpu sendiri

7. Mengulang cerita yang telah didengarnya

8. Membuat kalimat yang terdiri dari 5 kata

9. Menyikat gigi sendiri

10. Menyiapkan sarapannya sendiri

11. Melepas dan memakai pakaiannya sendiri

12. Menunjuk dan mengucapkan 1-6 jenis warna

Ketika anak menginjak usia 5 tahun, ia akan semakin aktif bergerak. Terbukti dengan kemampuannya yang sudah bisa melompat bahkan jungkir balik. Bunda mungkin merasa bahwa anak terlalu banyak bergerak, tapi tenang saja karena hal tersebut termasuk dalam perkembangan motoric kasar anak. Biarkan ia aktif bergerak, tapi tetap dalam pengawasan ya, Bunda.

Pada usia ini juga anak sudah mulai banyak bertanya. Jangan khawatir Bunda, karena semakin sering anak bertanya, tandanya kemampuan bahasa anak semakin baik. Selain itu anak juga dapat menceritakan kembali cerita yang didengarnya dengan pelafalan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Dalam kemampuan motorik halus, kreativitas anak pun semakin terasah. Ia sudah bisa menyusun balok menjadi menara dengan memakai 5-9 buah balok. Selain itu untuk masalah emosional pun anak sudah mulai bisa mengekspresikan perasaannya. Nah, kita sebagai orang tua penting untuk mengetahui seperti apa perasaan anak.

Jangan heran jika nanti selama perkembangan anak usia 5 tahun ini, Bunda akan mulai menyadari bahwa si kecil sudah tidak lagi memiliki pipi gembul atau tubuh yang berisi. Karena anak usia 5 tahun akan mulai kehilangan lemaknya dan mulai menambah otot. Namun, tetap berikan asupa gizi terbaik untuk si kecil ya.

Sumber : hellosehat.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

814