Pentingnya Membiasakan Tata Krama kepada Anak dalam Keluarga

0
557

PARENTINGISLAM.ID – – Tata krama berlaku dimana pun, kapan pun, dan berlaku selamanya.

Membiasakan tata krama memang tidak perlu membedakan tempat dan waktu, karena tata krama berlaku dimana pun, kapan pun, dan selamanya.

Tetapi, alangkah lebih baiknya jika anak membiasakan tata krama tersebut diawali dari keluarganya sendiri. Karena jika ia sudah bisa menerapkan dan membiasakan tata krama tersebut di dalam rumah, maka ia pun akan menerapkan tata krama tersebut saat ia berada di luar rumah. Karena –kembali lagi- prinsip tata krama berlaku dimana pun, kapan pun, dan selamanya.

Beberapa contoh berikut ini dapat diterapkan pada anak sebagai bagian dari membiasakan tata krama di dalam keluarga.

1. Membiasakan Mengucapkan “Selamat Pagi”, “Selamat Malam”

Cobalah biasakan kepada anak untuk selalu mengucapkan salam kepada orang tua. Misalnya mengucapkan “Selamat Pagi” kepada orang tuanya ketika ia bangun tidur. Atau contoh lain ia mengucapkan “Aku berangkat sekolah dulu ya, Bunda” kepada orang tua ketika ia hendak pergi ke sekolah. Hal tersebut dapat menunjukkan kasih sayang anak kepada orang tua.

2. Menghormati Privasi Orang Lain

Ajarkan kepada anak untuk selalu menghormati dan menghargai privasi orang lain. Contohnya tidak menguping pembicaraan orang lain, tidak membuka ponsel orang lain, tidak mengintip isi pesan orang lain, tidak membuka tas orang lain, tidak membuka surat yang bukan ditujukan untuk dirinya, menyimpan cerrita privasi orang lain, dan masih banyak lagi.

3. Mengetuk Sebelum Masuk

Ajari anak untuk selalu mengetuk pintu terlebih dahulu sebelum masuk ke ruangan orang lain. Selain itu, mintalah izin terlebih dahulu jika hendak masuk ke ruangan tersebut. Jika dibolehkan, maka masuklah, tetapi jika tidak diizinkan, maka jangan masuk ke ruangan tersebut.

4. Terapkan Etika Makan

Biasakan etika makan kepada anak, seperti mengunyah dengan mulut tertutup, jangan berdecap saat makan, minum kuah tanpa suara seruput, bersendawa tanpa suara, porsi makan secukupnya, dan lain sebagainya.

5. Meminta Izin Sebelum Meminjam

Jika hendak meminjam barang orang lain, mintalah izin terlebih dahulu. Pakailah barang tersebut setelah mendapat persetujuan dari si pemilik barang dan kembalikanlah tepat waktu serta dalam kondisi barang yang masih baikk. Tetapi, apabila barang tersebut rusak sebelum dikembalikan, maka ajarkanlah ia tanggung jawab.

6. Menggunakan kata “Maaf”, “Terima Kasih”, “Permisi”, “Tolong”

Biasakanlah kepada anak untuk menggunakan kata ajaib tersebut sesuai dengan fungsinya masing-masing.

7. Merapikan Kembali Barang yang Telah Dipakai

Setelah anak selesai bermain, ajak ia untuk merapikan mainannya kembali. Ketika anak telah terbiasa, maka ia pun bisa menerapkan konsep tersebut saat berada di luar rumah, seperti mengembalikan buku yang telah dibaca sesuai dengan tempatnya saat di perpustakaan.

8. Saling Menghormati dan Menjaga Satu Sama Lain

Hal yang paling penting adalah tumbuhkan sikap saling menghormati dan menjaga satu sama lain kepada anak.

Sebenarnya, masih banyak lagi hal-hal yang dapat diterapkan dalam rumah. Ayah dan Bunda bisa mengeksplorasi banyak hal lagi untuk membiasakan tata krama pada anak.

Karena tata krama yang dibiasakan sembrono saat di rumah, maka tanpa sengaja akan keluar dengan sendirinya saat berada di luar rumah. Dan ingat, selalu jadilah teladan bagi anak, bukan hanya seseorang yang memberi perintah.

Sumber : kompasiana.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

993