Begini Cara Mengembangkan Potensi Anak Sejak Dini, Yuk Cobain!

0
366

PARENTINGISLAM.ID – – Ayah, Bunda, udah tau belum sih potensi yang sudah dikuasai oleh si kecil? Atau jangan-jangan sampai sekarang Bunda masih menerka-nerka nih potensi apa ya yang harus dikembangkan sama si kecil?

Sebagai orangtua, penting bagi kita untuk selalu mendampingi dan mengembangkan potensi yang dimiliki dalam diri anak. Untuk itu, kita harus jeli dan peka agar bisa membantu anak di bidang yang mereka sukai.

Tapi, ada satu hal yang perlu dipperhatikan adalah bahwa setiap anak berbeda-beda dan unik. Mereka mempunyai ciri khasnya masing-masing. Sehingga, potensi yang mereka miliki tentu saja tidak akan sama. Jadi, Bunda tidak bisa memaksa potensi si kecil atau bahkan membandingkannya dengan anak yang lain.

Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana, menegaskan bahwa orang tua tentu saja memiliki peran yang sangat penting untuk bisa mengetahui apa saja yang menjadi potensi anak. Dengan begitu, kita pun bisa lebih mudah untuk mengarahkan serta membimbing agar anak dapat mengembangkan semua potensi dan bakat yang dimillikinya.

Vera menegaskan bahwa potensi anak sebenarnya sudah bisa dilihat sejak mereka memasuki usia pra-sekolah. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat  dilakukan untuk dapat mengetahui dan mengembangkan potensi yang dimiliki si kecil.

1. Berikan Wawasan yang Luas

Wawasan yang luas dapat memberikan pandangan-pandangan baru tentang berbagai hal pada si kecil. Hal ini juga bisa membuka pemikirannya tentang hal-hal baru yang mungkin menjadi minatnya.

Misalnya mengenalkan berbagai jenis olahraga pada si kecil. Mungkin saja nanti ia akan menyukainya dan mempunyai bakat di salah satu jenis olahraga tersebut.

2. Sediakan Banyak Pilihan

Berikanlah wawasan yang tidak hanya berpatok pada satu bidang saja. Contohnya ketika ada orang tua yang menginginkan anaknya belajar musik, tetapi tidak pernah memberikannya kesempatan untuk menonton pertunjukkan musik. Hal itu menyebabkan wawasan anak yang tidak terbuka. Jadi, bukalah wawasan anak serta tawarkan ia dengan beberapa pilihan yang ada.

3. Biarkan Anak Mencoba dan Menentukan Pilihannya

Untuk anak usia dini, biarkan ia mencoba banyak hal agar semakin terbuka wawasannya. Dengan membiarkannya mencoba hal-hal baru juga nantinya potensi anak akan muncul dengan sendirinya. Karena bakat itu sebenarnya butuh digali terlebih dahulu, kemudian dikembangkan, dan barulah ia membuahkan hasil.

“Kalo nggak dicoba, ya nggak akan tahu.”

Jadi, berikanlah anak fasilitas serta kesempatan untuk menggali bakat dan potensi yang dimiliki anak. Tidak usah terburu-buru, karena pada umumnya bakat dan potensi anak akan terlihat ketika anak beranjak remaja.

Sumber : id.theasianparent.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

907

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini