Bunda, Lakukan Hal Berikut Ketika Anak Mabuk di Perjalanan

0
433

PARENTINGISLAM.ID – – Libur akhir tahun telah menanti nih Bunda. Ini merupakan waktu yang tepat bagi Bunda untuk mengajak anak-anak menikmati liburan akhir tahun di luar kota ataupun melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga di rumah.

Ketika kita hendak menikmati liburan akhir tahun di luar kota ataupun di luar negeri, sebaiknya kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Agar ketika kita dapat melakukan perjalanan dengan nyaman, sehat, dan selamat sampai tujuan.

Bagi si kecil, biasanya ketika kita melakukan perjalanan panjang, mereka akan mengalami mabuk pada saat di perjalanan. Untuk mengatasinya, Bunda dapat mengikuti tips berikut ini ketika anak mengalami mabuk kendaraan.

1. Alihkan Perhatikan Anak

Ketika anak mulai menunjukkan tanda-tanda mabuk kendaraan, cobalah untuk mengalihkan perhatian anak dengan mengajaknya untuk mengobrol atau melihat pemandangan sekitar. Jangan biarkan anak untuk membaca buku  ataupun bermain gadget karena hal itu hanya akan membuat anak semakin pusing dan mabuk.

2. Sediakan Camilan dan Permen

Untuk mengurangi resiko anak mabuk selama di kendaraan, sebaiknya Bunda selalu menyediakan camilan atau permen. Ajaklah anak untuk makan camilan ringan karena hal tersebut dapat mengalihkan perhatiannya untuk tidak mabuk. Selain itu, siapkan juga permen yang bermanfaat untuk menurunkan resiko mabuk pada saat melakukan perjalanan jauh.

3. Lakukan Perjalanan di Jam Tidur Anak

Jika anak selalu mabuk saat perjalanan jauh, cobalah untuk melakukan perjalanan pada saat jam tidur anak. Dengan melakukan perjalanan pada waktu jam tidur anak maka anak pun akan tidur selama di kendaraan. Selain itu, tidur pun dapat menurunkan resiko mabuk kendaraan pada anak.

4. Udara Sejuk dan Posisi Duduk Nyaman

Usahakanlah agar anak dapat duduk dengan posisi yang nyaman pada saat di kendaraan. Serta usahakan juga anak tetap emndapatkan udara sejjuk baik dari AC kendaraan atau dari udara luar. Karena udara yang sejuk dapat membantu anak untuk terhindar dari resiko mabuk.

5. Oleskan Minyak yang Menyegarkan Anak

Jika anak menunjukkan tanda-tanda mabuk kendaraan, segeralah oleskan minyak kayu putih, minyak aromaterapi, ataupun minyak telon pada tubuh anak agar ia terhindar dari mabuk. Pada umumnya, mabuk disebabkan karena masuk angina saat perut kosong. Untuk mengeluarkan angina ini, oleskan minyak aromaterapi pada bagian perut, kening, atau bagian tubuh tertentu.

Itulah cara mengatasi mabuk kendaraan pada anak saat melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, untuk menghindari dan mengatasi resiko mabuk pada saat perjalanan, sebaiknya kosumsi obak anti mabuk sebelum berangkat untuk melakukan perjalanan.

Sumber : fimela.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

887