Tips-Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan

0
335

PARENTINGISLAM.ID – – Liburan akhir tahun tinggal menghitung hari, tetapi bagaimana jadinya jika liburan kali ini bertepatan dengan musim hujan? Bunda pasti khawatir apabila anak jatuh sakit, apalagi jika daya tahan tubuhnya lemah, Bunda sebaiknya waspada akan penyakit flu dan penyakit lain yang kerap menyerang pada saat musim hujan.

Untuk itu, penting bagi Bunda untuk melakukan berbagai langkah pencegahan agar kesehatan dan daya tahan tubuh si kecil tetap terjaga. Salah satunya melalui pemberian vitamin untuk anak yang ampuh untuk melindungi anak dari penyakit.

Berikut merupakan tips yang dapat dilakukan agar tubuh anak selalu fit ketika musim hujan tiba.

1. Siapkan Perlengkapan Musim Hujan

Kita harus menyiapkan perlengkapan pada setiap musimnya, termasuk musim hujan. Untuk musim hujan, sediakanlah payung, jas hujan, dan sepatu boots khusus musim hujan yang akan membuat anak tetap nyaman dalam beraktivitas. Selain itu, bekali juga anak dengan tas anti air serta handuk yang cepat kering.

Selain itu, Bunda juga dapat melibatkan si kecil dalam memilih perlengkapan musim hujannya sendiri dengan gambar karakter kartun favoritnya.

2. Pastikan Nutrisi Si Kecil Tercukupi

Memperhatikan asupan nutrisi anak merupakan aspek yang sangat penting, karena mengingat musim hujan merupakan waktu favorit bakteri untuk berkembang biak. Dengan nutrisi yang cukup, ia akan terhindar dari segala bakteri dan memperkuat sistem imunitas tubuhnya. Berikanlah si kecil makanan yang bergizi dan menyehatkan, seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Serta, jangan lupa untuk memberikan multivitamin yang baik agar pertahanan tubuh anak terlindungi.

Selain itu, hindari memberi makanan pada anak yang berpotensi mengganggu ketahana tubuh dan sistem pencernaan anak, seperti

a. Makanan berminyak,

b. makanan yang mengandung banyak gula, jika anak ingin makanan yang manis sebaiknya Bunda membuat sendiri di rumah,

c. ikan dan hidangan laut lainnya,

d. makanan yang mengandung garam, karena dapat menyebabkan retensi air dan anak menjadi mudah lesu,

e. mangga, karena dapat menyebabkan permasalahan pada kulit,

f. produk yang mengandung dadih (susu yang difermentasi), utamannya bagi si kecil yang memiliki sinus,

g. minuman bersoda, karena bisa melemahkan sistem pencernaan, serta

h. salad dan buah-buahan mentah, sayuran dan buah memang bergizi, namun hindari mengonsumsi dala keadaan mentah saat musim hujan.

3. Jaga Anak Tetap Terhidrasi

Berbagai macam penyakit pada musim hujan, seperti diare dan kolera sebenarnya berasal dari air yang terkontaminasi. Untuk itu, pastikan agar si kecil tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air bersih. Sebagai alternative, Bunda juga bisa memberikan minuman berasa yang menyehatkan, seperti jus buah ataupun susu panas yang tinggi vitamin C dan antioksidan.

4. Ciptakan Kondisi Rumah yang Bersih

Dengan menjaga kebersihan di dalam rumah, dapat mencegah bakteri dan serangga berkembang biak di sekitar rumah. Selain itu, pastikan Bunda mengecek secara berkala kondisi rumah dan jangan membiarkan barang menumpuk di sudut rumah. Kosongkan pula semua wadah air di sekitar rumah yang dapat beresiko menjadi sarang nyamuk.

5. Perhatikan Jadwal Vaksinasi Anak

Selain itu, hal yang paling penting bagi para orangtua adalah harus selalu update vaksinasi untuk anak secara berkala agar tubuhnya terlindung dari segala jenis penyakit. Jangan sampai menunggu si kecil sakit, barulah membawanya ke dokter. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, betul kan Bunda?

Sumber : id.theasianparent.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

884