Tips Mengisi Liburan dengan Anjuran Rasulullah SAW

0
746

PARENTINGISLAM.ID – – Menjelang liburan sekolah, pasti setiap anak dan keluarga selalu ada rencana untuk pergi berlibur. Dan sebenarnya, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan berlibur ini, selain untuk meregangkan otot dan menetralkan pikiran dari rutinitas sehari-hari, liburan juga dapat memuat kita untuk sekain fokus dan termotivasi dalam menjalani kehidupan.

Tetapi, dalam bersenang-senang menikmati liburan pun sebaiknya Ayah maupun Bunda mengikuti 5 anjuran Rasulullah SAW berikut ini. Dengan mengikuti anjuran berikut semoga liburan kita bisa menjadi berkah bagi fisik maupun batin.

1. Berdo’a Sebelum Berangkat

Ketika kita hendak melakukan perjalanan, sebaiknya ucapkan Allahu akbar sebanyak tiga kali, kemudian bacalah,

Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun. Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin’ alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari w aka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.” (HR. Muslim)

2. Selalu Berdo’a Sepanjang Perjalanan

Ketika kita di perjalanan pun kita harus selalu berdo’a sepanjang perjalanan agar kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Ada tiga do’a mustajab yang tidak perlu diragukan lagi. Yakni, do’a orang teraniaya, do’a musafir, dan do’a orang tua kepada anaknya.” (HR. Abu Hurairah)

3. Berdoa Meminta Perlindungan Selama Liburan

Sesampainya di tempat tujuan pun kita jangan berhenti untuk berdo’a, tetapi sebaiknya kita harus meminta perlindungan Allah di setiap kita melangkah dan di setiap aktivitas yang akan kita lakukan.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa singgah di suatu tempat lalu berdoa; Aku berlindung kepada kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya- maka tidak akan ada sesuatu yang membahayakan dirinya sampai dia meninggal tempat tersebut.” (HR. Muslim)

4. Segera Pulang Jika Selesai Liburan

Jika liburan dirasa sudah cukup, segeralah pulang jika liburan telah selesai.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Bepergian itu sebagian dari siksa, karena dapat menghalangi seseorang untuk makan, minum, dan tidur. Karena itu, apabila seorang di antara kalian telah menyelesaikan urusannya, hendaklah segera kembali ke keluarganya.” (HR. Bukhari)

5. Singgah di Masjid Sebelum Pulang

Ketika kita pergi liburan pun jangan pernah lupa untuk beribadah kepada Allah SWT. Bahkan, sebaiknya kita harus menyempatkan diri untuk singgal di masjid sebelum pulang.

Diriwayatkan Kab bin Malik, apabila Rasulullah SAW datang dari bepergian, beliau terlebih dahulu masuk masjid dan melakukan shalat dua rakaat.

Sumber : dream.co.id

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

850