Cara-Cara Ampuh Untuk Menidurkan Si Kecil

0
366

PARENTINGISLAM.ID – – Tidur merupakan waktu istirahat bagi tubuh yang terbaik. Tidur yang cukup pun tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, tetapi juga bayi dan anak-anak.

Bagi para orangtua yang baru saja menjadi orangtua mungkin mengalami kesusahan dalam menidurkan si buah hati. Tidak jarang orangtua haru memutar otak untuk mencari cara dalam menidurkan anak agar mereka dapat tidur dengan pulas dan bangun dengan segar.

Berikut merupakan tips yang dapat Bunda terapkan agar si kecil dapat tidur dengan lelap.

1. Newborn – 2 Bulan

Pada usia bayi ketika lahir sampai 2 bulan sering kali mereka terbangun di tengah waktu tidurnya. Untuk itu, bantulah mereka tidur kembali dengan cara menyusuinya, memberi pacifier, mengayun-ayunkan, ataupun membedongnya.

2. 2 – 4 Bulan

Ketika anak mencapai usia 2 – 4 bulan mulailah terapkan bed time routine. Selain itu, bantulah si kecil untuk mengenal perbedaan antar siang dan malam dengan cara mengajaknya aktif di siang hari dan hindari stimulasi berlebihan pada saat malam hari.

3. 4 – 6 bulan

Ketika anak menginjak usia 3 – 4 bulan si kecil biasanya sudah mulai jarang untuk menyusui di kala tidur malam. Selain itu, si kecil pun sudah mulai untuk belajar menenangkan diri sendiri saat ia terbangun di tengah tidurnya.

4. 6 – 12 Bulan

Anak dengan usia 6 – 12 bulan mungkin akan mulai sering terbangun saat malam lagi. Pada umumnya hal tersebut dikarenakan anak sedang mengalami separation anxiety. Cobalah untuk mengelus-elus dan menyanyikan lullaby untuknya agar ia bisa tidur kembali, serta hindarilah untuk menggendongnya secara langsung.

5. 1 – 2 Tahun

Ketika anak menginjak usia 1 – 2 tahun, anak akan menjadi sangat aktif dan akan sulit untuk mengaajaknya tidur. Untuk itu, sebelum tidur usahakanlah untuk melakukan aktivitas yang tenang, seperti mandi ataupun membaca dongeng.

6. 2 – 5 Tahun

Pada saat anak berusia 2 – 5 tahun ia akan mulai sering untuk menolak ketika disuruh tidur. Untuk para Bunda, tetaplah untuk konsisten dalam menerapkan bedtime routine serta tetap waktu jam tidur agar anak dapat memahami aturan tersebut.

7. 5 – 12 Tahun

Pada anak usia 5 – 12 tahun ia akan mulai disibukkan dengan segala aktivitas, PR sekolah, dan gadget sehingga mengakibatkan anak tidur dengan tidak teratur. Selain itu, ciptakanlah kamar yang sleep friendly, tenang, sejuk, dan tidak ada TV yang dapat menggangu tidur anak.

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

800

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini