Bunda, Ketahui Penyebab Utama Anak Malas Belajar

0
381

PARENTINGISLAM.ID – – Semua orangtua pasti ingin anaknya menjadi sukses dan pintar. Untuk itu, anak harus selalu dibimbing untuk rajin belajar dan menuntut ilmu dengan baik. Akan tetapi, tidak sedikit para orangtua yang mempunyai kendala dalam mengajak anak untuk belajar. Jangan disepelakan ya, Bunda karena jika anak sudah malas belajar sedari kecil maka kebiasaan tersebut akan bertumbuh seiring dengan tumbuh kembang anak. Sehingga dikhawatirkan anak akan mempunyai sifat yang malas.

Oleh karena itu, sebagai orangtua kita harus mengetahui penyebab-penyebab utama yang mengakibatkan anak malas belajar.

1. Tidak Tahu Tujuan Belajar

Salah satu penyebab utama anak malas belajar dalam bidang pendidikan adalah karena anak tidak tahu tujuan mereka belajar. Padahal mengetahui tujuan utama mereka belajar itu penting. Anak harus tahu dengan jelas mengenai ini. Jangan sampai mereka pergi ke sekolah dengan membawa banyak buku berat di dalam tasnya hanya untuk menjalankan sebuah tuntutan dalam pendidikan. Mereka hanya menjalankan apa yang orang tua perintahkan kepada mereka tanpa mereka mengetahui apa tujuan dan manfaat dari belajar itu sendiri.

Jika benar seperti itu, maka bukanlah hal aneh apabila sang anak malas-malasan dalam belajar. Sebab apa yang mereka lakukan hanyalah sebuah rutinitas biasa yang tidak bisa mereka nikmati. Jika sudah seperti ini bagaimana sang anak dapat mengembangkan dirinya?

2. Belum Mengetahui Aplikasi dari Belajar

Anak-anak seringkali belum mengetahui bagaimana cara mereka mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari di dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu penyebab utama anak malas belajar, sebab apa yang telah mereka pelajari hanya akan menjadi sebuah tumpukan teori pendidikan yang tidak bisa mereka aplikasikan dikeseharian mereka.

Padahal, dengan mengetahui bagaimana cara untuk mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari di sekolah akan membuat mereka tertarik untuk selalu belajar. Sebab mereka akan memiliki rasa penasaran di dalam dirinya dan menimbulkan sikap ingin tahu pada anak. Mereka akan berpikir bagaimana ketika sebuah teori dari pelajaran di aplikasikan dalam keseharian mereka. Nah, rasa penasaran dan sikap ingin tahu inilah yang akan memotivasi anak untuk terus belajar sehingga apa yang akan mereka pelajari dapat mereka aplikasikan dikeseharian mereka. Kemudian, mereka tidak akan malas belajar lagi.

3. Tidak Memiliki Strategi Belajar

Tidak memiliki strategi dalam belajar adalah satu penyebab utama anak malas belajar. Sebab, anak hanya sekadar belajar akan tetapi tidak tahu bagaimana cara belajar dengan benar. Mereka tidak tahu bagaimana strategi mereka agar fokus dalam pendidikan, bagaimana strategi mengerjakan soal pelajaran ataupun ujian, ataupun bagaimana strategi mengatur waktu belajar.

Perihal Inilah yang pada akhirnya membuat anak malas untuk belajar. Sebab, bagaimana sang anak dapat fokus dalam belajar sedangkan mereka tidak mengetahui strategi belajar itu sendiri. Di sinilah orang tua harus mengarahkan strategi belajar yang baik pada anak. Agar anak bisa belajar dengan terstruktur.

4. Perhatian Orang Tua yang Kurang atau Berlebihan

Perhatian orang tua sebagai pendidik utama bagi anak akan sangat berpengaruh pada pendidikan, kehidupan, dan kebiasaan anak. Ketika orang tua kurang atau justru terlalu berlebihan dalam memberikan perhatiannya kepada anak, hal ini tentu saja bisa menjadi salah satu penyebab utama anak malas belajar.

Hal yang perlu diperhatikan dengan seksama bahwa seringkali orang tua menuntut anak belajar hanya demi nilai semata. Akibat dari tuntutan tersebut tak sedikit anak yang menjadi stress dan suka marah-marah ketika memperoleh nilai yang kurang memuaskan. Padahal, esensi dari belajar tak hanya sekedar nilai.

5. Suasana Belajar di Rumah

Seringkali anak tidak menemukan suasana belajar yang nyaman di rumah, satu diantaranya karena terlalu banyak fasilitas rumah yang mengganggu minat belajar anak. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab utama anak malas belajar. Seperti, ketika anak belajar di kamar seringkali anak mengantuk karena terdapat ranjang empuk yang selalu mengalihkan pikirannya atau ketika anak belajar di ruang keluarga disana terdapat TV yang tentu saja akan mengganggu konsentrasi anak. Hal ini tentu saja harus menjadi perhatian orang tua. Sebab salah satu tugas dari orang tua ialah untuk menciptakan suasana belajar di rumah dengan nyaman.

Dengan demikian, anak memiliki zona nyamannya sendiri untuk belajar, seperti membuat perpustakaan kecil di dalam rumah. Atau buatlah satu ruangan yang memang di khususkan untuk anak belajar, di mana tidak ada media lain seperti TV, radio, mainan-mainan, ataupun games yang sekiranya dapat mengalihkan konsentrasi anak. Tapi tentu saja, sesekali ajaklah anak belajar di luar rumah sebagai sarana pendidikan agar anak tidak bosan dan menjadi malas belajar.

6. Over Study

Penyebab utama anak malas belajar salah satunya disebabkan karena orang tua terlalu memaksa anak belajar dalam banyak hal. Hal ini akan membuat anak menjadi tertekan. Tentu saja hal ini akan membuat anak menjadi tidak suka belajar dan malas belajar.

Orang tua harus memiliki time management yang baik dalam mengatur jam belajar anak. Jangan terlalu memaksakan anak belajar banyak hal dalam satu waktu. Misalnya, ketika pulang sekolah anak harus les matematika, setelah itu les bahasa Inggris, dan kemudian malamnya anak harus mengerjakan PR mereka.

Sumber : IG @parenting_islam.id

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

867