Yuk, Tanamkan Budaya Bangun Pagi pada Anak

0
540

PARENTINGISLAM.ID – – Kebiasaan bangun di pagi hari mungkin hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Penyebabnya bisa jadi karena lelah beraktivitas pada hari sebelumnya ataupun waktu tidur yang berkurang.

Tetapi Bunda dapat mengajarkan anak untuk bangun di pagi hari sejak kecil agar anak dapat terbiasa dengan rutinitas di pagi hari. Karena banyak sekali manfaat yang akan didapatkan jika kita menerapkan bangun pagi setiap hari. Rasulullah SAW pun sangat menganjurkan setiap orang untuk bangun pagi karena ada banyak keutamaan di balik anjuran tersebut.

Allah berfirman,

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Dirikanlah sholat dari sesuai matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan oleh malaikat.” (QS. Al-Isra: 78)

Rasulullah SAW pun mendoakan umat Islam yang bangun pagi. Rasulullah bersabda, “Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka.” (HR. Ath Thabrani)

Berikut merupakan keutamaan bangun pagi dalam Islam :

1. Membuka Pintu Rezeki

Suatu hari Rasulullah melihat putrinya Fatimah sedang tidur ketika ia pulang dari melaksanakan shalat Shubuh, ia pun bersabda “Wahai anakku, …bangunlah, Saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari.” (HR. Imam Ahmad Dan Al-Baihaqi)

2. Terpenuhi Segala Kebutuhannya

Rasulullah bersabda, “Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.” (HR. Imam Ath-Thabrani & Al-Bazzar R. Huma)

3. Didoakan Malaikat

Orang-orang yang bangun pada pagi hari akan didoakan oleh malaikat. Rasulullah bersabda, “Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdoa: ‘Ya Allah, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan.’ Malaikat yang satu lagi berdoa: ‘Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya).’”

4. Mendapatkan Ampunan Allah SWT

Dengan bagun di pagi hari kita bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Rasulullah bersabda,

Siapa saja yang memasuki pagi hari, ia tidak berniat mendzolimi seseorang, maka diampuni baginya terhadap segala dosa. Dan siapa saja yang memasuki pagi hari berniat menolong orang yang teraniaya dan memenuhi keperluan orang Islam, maka baginya pahala seperti pahala Haji mabrur.” (Hadits dikutip dalam kitab Nashoihul ‘Ibad, karya Syaikh Nawawi)

5. Jauh Dari Sifat Malas

Dengan rutin bangun di pagi hari setiap harinya akan menjauhkan kita dari sifat malas. Rasulullah bersabda,

Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, ‘Malam masih panjang, tidurlah!’ Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari & Muslim)

6. Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Selain itu, hanya dengan bangun di pagi hari dan menunaikan ibadah shalat Shubuh kita bisa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Rasulullah bersabda,

Barang siapa yang menunaikan sholat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janji-Nya. Barang siapa yang membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka. ” (HR. Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Sumber : bandungkita.id

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

812

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini