Bentuk Kasih Sayang Orangtua Terhadap Calon Bayi

0
585

PARENTINGISLAM.ID – – Menjadi seorang Ibu atau Ayah memang tujuan dan keinginan setiap manusia dan anak merupakan anugerah terbesar yang diberikan Allah kepada setiap keluarga. Allah menitipkan dan memberikan anugerah terbesarnya ke dalam rahim calon Ibu.

Ketika janin dalam rahim Ibu sudah berusia 120 hari, Allah mengutus Malaikat untuk meniupkan roh padanya sehingga jadial ia makhluk bernyawa (meskipun belum lahir ke dunia).

Rasulullah bersabda,

Sesungguhnya dalam penciptaan tiap-tiap orang dari kalian dikumpulkan dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa air mani, kemudian berubah menjadi segumpal darah selama itu juga (40 hari), kemudia berubah menjadi sekerat daging selama itu juga, kemudian diutuslah Malaikat untuk meniupkan roh padanya.” (HR. Bukhari & Muslim)

Maka, ketika usia kandungan mencapai 4 bulan tumbuhlah janin menjadi makhluk hidup dan bernyawa. Penemuan ilmiah juga membuktikan bahwa janin dalam rahim mampu merespon stimulasi edukatif yang diberikan kepadanya. Untuk itu, kita sebagai orangtua harus memberikan perhatian khusus dan bentuk kasih sayang kepada calon bayi.

1. Banyak Berdoa dan Berdzikir

Doa merupakan instrument terampuh untuk membawa kesuksesan suatu perbuatan. Melalui doa, seseorang akan terobsesi, tersugesti, dan termotivasi menjadi orang yang kuat lagi tangguh, penuh optimisme, percaya diri, dan memiliki harapan passti sehingga mampu memikul beban tugas dan tanggung jawab yang berat.

Nabi bersabda, “Tiada yang bisa mengubah ketetapan Allah semisal doa, dan tiada yang bisa menambah umur semisal amal kebaikan.”

2. Sering Membaca Al-Quran

Salah satu hal yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil adalah dengan sering membaca Al-Qur’an. Hal itu karena janin yang berusia lebih kurang 20 minggu atau 5 bulan sudah dapat menyerap informasi melalui pengalaman-pengalaman stimulasi ataupun sensasi yang diberikan oleh ibunya. Janin memiliki kemampuan mendengar yang terbatas, tetapi ia dapat membedakan suara ibunya.

3. Menjaga Perilaku dan Sikap

Seorang Ibu yang sedang hamil harus senantiasa menjaga perilaku dan akhlaknya. Karena akhlak orangtua berpengaruh besar terhadap akhlak anak-anaknya kelak, terutama ibu hamil. Mulai dari sikap, ucapan, hingga perilaku harus senantiasa mereka jaga.

4. Memberi Sentuhan Lembut dan Kasih Sayang

Berikan sentuhan lembut dan tepukan halus ketika si janin mulai menendang-nendang perut ibu. Respons tersebut berfungsi untuk mengajarkan kepada anak bahwa setiap tindakannya pasti diketahui dan akan ditanggapi secara lembut sebagai wujud cinta kasih seorang ibu.

5. Mengonsumsi Halal dan Bergizi

Seorang Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang halal, bergizi, dan berprotein tinggi. Selain itu, hindarilah pula makanan junk food atau fast food (makanan siap saji) dan minuman berkafein seperti kopi.

Dengan demikian, diharapkan sang bayi akan lahir menjadi anak yang sehat dan shaleh. Dan jangan lupa jika si kecil lahir sambutlah ia dengan rasa gembira dan rasa syukur kepada Allah.

Sumber : Mencetak Generasi Rabbani (Abu Ihsan al-Atsari & Ummu Ihsan)

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

822