Inilah Buah-Buahan Terbaik untuk MPASI bagi Sang Buah Hati

0
399

PARENTINGISLAM.ID – – Bunda, pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI) ini sangat disarankan untuk menambah nutrisi si kecil. ASI (Air Susu Ibu) memang memiliki kandung nutrisi yang tinggi, bahkan kandungan di dalam ASI sangat cukup untuk memenuhi nutrisi bayi. Tetapi, tidak ada salahnya memberikan MPASI pada si kecil, ya kan?

Menurut ahli gizi,semua buah memiliki manfaat yang bagus untuk bayi. Tetapi sebaiknya kenalkanlah dengan buah yang memiliki tekstur lembut dan dapat dihaluskan terlebih dahulu. Hal itu karena mengingat perncernaan bayi yang masih dalam tahap penyempurnaan sehingga berikan juga buah yang termasa manis terlebih dahulu.

Berikut merupakan 6 jenis buah yang baik untuk MPASI.

1. Pisang

Kandungan yang terdapat pada buah pisang yaitu fosfor, kalium, asam folat dan juga vitamin A yang baik untuk kesehatan. Penyajian pisang pada tahap pengenalan MPASI adalah dengan mengeruk daging buah pisang hingga lembut, kemudian sajikan pada bayi.

2. Pepaya

Kandungan yang dimiliki pepaya seperti kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat dan juga vitamin A sangat baik untuk bayi. Bunda dapat memperkenalkan pepaya dengan cara mengeruk dagingnya seperti halnya pisang, lalu disajikan pada bayi.

3. Jeruk

Kandungan gizi pada jeruk sangat bagus yaitu kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, serat dan asam folat yang baik untuk kesehatan bayi. Untuk penyajiannya, Bunda dapat membelahnya kemudian peras hingga airnya yang diberikan pada bayi. Pemberian secara langsung (irisan buah jeruk) belum disarankan karena teksturnya masih sulit dicerna oleh bayi.

4. Tomat

Kandungan yang dimiliki tomat antara lain kalsium, natrium, serat, magnesium, asam folat dan juga vitamin A. Bunda dapat memperkenalkan buah tomat sebagai campuran bubur sehingga memiliki rasa yang berbeda.

5. Pir

Kandungan gizi di dalam buah pir yaitu fosfor, kalium, kalsium dan juga vitamin C yang baik untuk kesehatan bayi. Sajikan dengan cara memotong kecil-kecil buah pir, kemudian kukus sampai lunak. Jadikan sebagai finger food bagi si bayi.

6. Apel

Kandungan gizi di dalam buah apel yaitu kalium, fostor, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C. Saran penyajiannya, kupas kulit apel lalu potong kecil-kecil sesudah itu kukus sampai lunak, lalu lumatkan dengan sendok atau blender. Sajikan dalam bentuk pure. Atau Bunda juga bisa menjadikannya finger food tanpa perlu dilumat lagi.

Sumber : tribunnews.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

888