Ajarkan 3 Hal Ini Agar Anak Laki-Laki Belajar Menghormati Wanita

0
334

PARENTINGISLAM.ID – – Wanita diciptakan dari tulang rusuk lelaki. Kiasan ini kerap dimaksudkan bahwa perempuan adalah ‘bagian yang hilang’ dari seorang lelaki. Dalam sebuah hadits dikatakan,

Berlaku baiklah terhadap kaum wanita lantaran mereka diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok adalah bagian yang teratas, jika kamu coba untuk meluruskannya kamu akan mematahkannya dan jika kamu membiarkannya ia akan tetap bengkok, maka berlaku baiklah kamu terhadap kaum wanita.” (HR. Bukhari & Muslim)

Oleh karena itu, ajarkanlah anak laki-laki 3 hal berikut ini agar mereka dapat menjadi orang yang selalu menghargai wanita.

1. Tanamkan Sikap Takwa

Ketakwaan merupakan modal utama seorang muslim dalam menjalani hari-harinya. Sikap inilah yang dapat menjadi fondasi kemuliaan seseorang yang beriman.

Banyak yang mengatakan bahwa lelaki akan tergoda jika melihat cara berpakaian wanita. Tetapi hal ini dapat ditampik jika kita bertakwa kepada Allah SWT. Katakan pada anak jika ia mampu menahan godaan tersebut, maka ia akan tumbuh menjadi lelaki mulia dan terhormat di hadapan Allah SWT.

Sehingga ketika anak besar nanti, ia akan memilih wanita yang bukan karena penampilannya semata tetapi karena akhlaknya.

2. Menjadi Panutan

Bagi seorang Ayah, jadilah contoh dan panutan bagi anak dengan menjaga pandangan mereka. Ajarilah mereka cara bersikap seperti Rasulullah dan Nabi yang berakhlak terpuji. Karena anak akan tumbuh dengan melihat sifat-sifat pada orangtuanya. Allah berfirman,

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS. An-Nur: 30)

3. Menghormati Perempuan Merupakan Prioritas

Terapkan dan ingatkan pada anak bahwa menghormati perempuan itu merupakan kewajiban bagi setiap laki-laki. Tidak peduli apakah ia seorang guru, polisi, ataupun dari golongan fakir miskin ia tetap harus diperlakukan dengan hormat dan bermartabat. Dengan menghormati seorang perempuan berarti ia telah menghormati ibunya, kakak atau adik perempuannya, serta nenek-neneknya.

Sumber : percikaniman.id

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

881