Cara Mengajarkan Anak Pentingnya Menjaga Lisan

0
391

PARENTINGISLAM.ID – – Selalu mengucapkan kata-kata yang baik dan menjauhi kata-kata yang kotor merupakan salah satu akhlak terpuji yang diperintahkan Islam. Hal tersebut terkandung dalam Kitabullah maupun dalam Sunnah Rasul-Nya.

Ingatkanlah pada anak bahwa Allah menugaskan dua malaikat pencatat segala amal kebaikan dan keburukan kita. Dan kedua malaikat tersebut akan mencatat setiap ucapan yang kita keluarkan. Allah berfirman,

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya Malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).” (QS. Qaf: 18)

Rasulullah juga mengaitkan antara keimanan dan ucapan baik untuk mengingatkan seluruh umatnya untuk selalu menjaga ucapan dan lisan mereka. Beliau bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir (kiamat) hendaknya berkata baik atau diam.

Oleh karena itu, para orangtua harus selalu mengawasi dan mengajarkan pada anak betapa pentingnya menjaga dan mengucapkan kata-kata yang baik karena Allah sendiri menyukai keindahan. Sebagai orang tua, perhatikan empat perkara berikut ini untuk melatih anak dalam menjaga lisan mereka.

1. Ajarkan Hadits-Hadits Perintah Menjaga Lisan

Ajarkanlah dan terapkan pada anak pentingnya menjaga lisan melalui nash-nash Al-Qur’an maupun hadits yang bersangkutan. Seperti pada sabda Rasulullah berikut ini,

إِنَّ العَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالكَلِمَةِ مِنْ رِضْوَانِ اللَّهِ، لاَ يُلْقِي لَهَا بَالًا، يَرْفَعُهُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَاتٍ، وَإِنَّ العَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالكَلِمَةِ مِنْ سَخَطِ اللَّهِ، لاَ يُلْقِي لَهَا بَالًا، يَهْوِي بِهَا فِي جَهَنَّمَ

Seorang hamba mengucapkan suatu kalimat yang diridhai Allah tanpa mempedulikannya, sehingga dengan kalimat itu menyebabkan derajatnya naik. Seorang hamba mengucapkan suatu kalimat yang mendatangkan kemurkaan Allah tanpa mempedulikannya, sehingga dengan kalimat itu ia lantas tersungkur ke dalam api neraka.”

Dengan mengajarinya hadits-hadits tersebut, semakin menekankan kepada anak pentingnya untuk selalu menjaga lisan.

2. Berikan Peringatan Tegas

Jika anak mengucapkan kata-kata kotor dan tidak pantas, berikanlah peringatan tegas padanya agar ia mengetahui bahwa hal tersebut adalah salah. Jangan lupa untuk selalu memberikan alasan dan akibatnya, jangan hanya membentaknya tanpa memberikan pelajaran padanya.

3. Pilihkan Teman yang Baik

Sebagai orang tua, penting untuk memilihkan teman yang baik bagi pendidikan dan perkembangan anak. Pilihkanlah teman yang baik untuk anak. Teman yang dapat membawa kebaikan dan menambah cinta anak terhadap Allah.

4. Jadilah Panutan

Rumah dan keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak. Semua hal yang dicontohkan orang tuanya kelak akan dilakukan juga oleh anak-anaknya. Karena itu, penting bagi para orang tua untuk selalu menjadi panutan yang baik bagi anak dengan tidak mengucapkan kata-kata kotor dan selalu mengucapkan kata-kata yang baik.

Sumber : Mencetak Generasi Rabbani (Abu Ihsan al-Atsari & Ummu Ihsan)

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

875

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini