Ingin Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Baik? Begini Caranya

0
408

PARENTINGISLAM.ID – – Seorang ibu merupakan fondasi utama dalam sebuah keluarga. Jika ibunya baik, maka anak-anaknya baik, ayahnya baik, dan keluarganya pun sejahtera. Memang melelahkan menjadi ibu rumah tangga. Pekerjaan rutin di dalam rumah harus ter-cover semua, belum lagi mengawal anak-anak dari bayi sampai beranjak dewasa.

Jangan bersedih wahai ibu rumah tangga, karena Islam sangat menghormati profesi ini. Hal ini terlihat dalam sabda Rasulullah SAW:

Dunia ini adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan ialah wanita shalihah; wanita yang baik dalam agamanya, rumah tangganya, serta pergaulannya.” (HR. Muslim)

Maka, berbanggalah para ibu rumah tangga, karena Allah sangat memuliakan seorang ibu. Berikut beberapa tips yang dapat Bunda lakukan demi menjadi ibu rumah tangga yang baik.

1. Niatkan Untuk Ibadah

Niatkanlah segala aktivitas yang dilakukan oleh Bunda sebagai ibadah kepada Allah agar kegiatan yang Bunda lakukan dalam rumah tangga tidak akan menjadi sia-sia. Rasulullah pernah bersabda

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليهِ

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Menjaga Kebersihan Rumah

Salah satu ciri seorang wanita yang salehah adalah menjaga harta benda suaminya. Termasuk di dalamnya adalah kediaman atau tempat tinggal mereka. Dengan menjaga kebersihan rumah, maka akan menciptakan ketenangan di dalam rumah, menyebarkan cinta dan kasih sayang, juga sebagai tempat yang indah untuk meningkatkan keimanan dan kedekatan setiap anggota keluarga kepada Allah. Kebersihan dalam rumah tangga patut dijaga oleh seorang istri termasuk kebersihan pakaian suami dan anak-anaknya.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu’anhu, Rasulullah saw bersabda.

Jika seorang istri mencuci pakaian suaminya maka Allah akan mencatatnya memperoleh seribu pahala, mengampuni seribu dosa, mengangkat derajatnya seribu tingkatan, dan akan dimintakan ampun oleh segala sesuatu yang terkena sinar matahari.”

Untuk mencuci pakaian saja, Bunda sudah bisa mendapatkan pahala yang berlimpah. Jadi, ini bisa dijadikan sebagai motivasi dan semangat Bunda dalam menjaga kebersihan rumah.

3. Berhias Untuk Suami

Allah menganjurkan bagi setiap istri agar berhias untuk suami. Menjadi cantik, wangi, sehat, tidak terlihat kusam juga enak dipandang oleh suami adalah merupakan ibadah yang menyenangkan. Apalagi seorang istri yang berbau harum untuk suami, bukan sebaliknya memakai mewangian saat bertemu dengan orang banyak atau lawan jenis.

Seperti hadits berikut ini: “Tiap-tiap wanita yang menggunakan harum-haruman, kemudian keluar melewati sekelompok kaum supaya dicium baunya oleh kaum itu maka dia telah berzina dan setiap mata yang memandangnya telah ikut berzina.” (HR. Ahmad, At-Thabrani, Al-Baihaqi, dan Al Hakim).

4. Menuntut Ilmu

Penelitian membuktikan bahwa kecerdasan seorang anak dimulai dari asuhan sang ibu. Hal ini dapat terjadi karena rumah merupakan sekolah pertama bagi seorang anak. Oleh karena itu, ilmu sangat penting bagi seorang ibu. Agar ibu juga dapat mencetak penerus bangsa yang saleh dan salehah.

5. Mendidik Anak Menjadi Generasi yang Saleh dan Salehah

Ajarilah anak-anak untuk selalu menanamkan nilai-nilai agama dalam kehidupannya. Ajarkanlah anak-anak untuk selalu mencintai agama dan penciptanya. Agar anak dapat tumbuh dengan pribadi dan akhlak yang baik serta mempunyai karakter Islam yang berkualitas.

Seperti hadits berikut ini: “Muliakanlah anak-anakmu dan perbaikilah akhlak mereka.” (HR. Ibnu Majah)

6. Menjaga Kualitas Ruhiyah

Selain menjaga anak, Bunda juga harus menjaga kualitas diri sendiri. Biasakanah untuk selalu membaca Al-Qur’an dan dzikir. Dengan begitu Bunda dapat mendekatkan diri dengan Allah dan ikhlas dalam menjalani peran sebagai ibu rumah tangga.

Sumber : abiummi.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

892