Tips Agar Anak Dapat Bersosialisasi dengan Baik

0
155

PARENTINGISLAM.ID – – Bunda, penting bagi kita sebagai orangtua untuk selalu memantau perkembangan si kecil ya, mulai dari perkembangan ilmunya, sampai perkembangan di lingkungan sosialnya. Berikut merupakan tips-tips yang dapat dipraktekkan agar anak dapat berinteraksi sosial dengan baik.

1. Ajari Anak Bersapa dengan Mengucapkan Salam

Mengucapkan salam kepada orang lain merupakan sebuah doa dan penghormatan bagi yang diberikan salam. Hal ini tentu akan sangat baik jika diajarkan kepada anak. Mereka akan mengerti langkah awal yang baik ketika ingin berinteraksi sosial dengan orang lain.

Agar anak dapat terbiasa dalam mengucapkan salam, orangtua dapat menjadi teladan dan contoh terhadap anak sebagai bentuk pengajaran terhadap mereka. Ketika anak sudah terbiasa melihat kedua orangtuanya mengucapkan salam, perlahan anak pun akan melakukannya karena orangtua adalah teladan yang akan mereka ikuti. Cara orangtua berinteraksi sosial dengan lingkungan sekitar pun akan sangat berpengaruh terhadap cara anak berinteraksi sosial kelak.

Imam Bukhari meriwayatkan bahwa sahabat Anas bin Malik r.a. ketika melewati anak-anak, Dia mengucapkan salam kepada mereka. Dia berkata, “Nabi saw. melakukan hal itu,” (H.R. Al-Bukhari, No. 17).

2. Memilihkan Teman yang Saleh

Setiap anak pasti membutuhkan teman dalam berinteraksi sosial. Entah itu teman bermain, belajar, ataupun kegiatan lainnya. Orangtua yang cerdas akan selektif dalam memilihkan teman terbaik untuk anaknya. Mereka tahu dengan pasti bahwa teman akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Teman yang saleh akan membawa pengaruh baik kepada anaknya. Mereka akan membantu anaknya dalam melakukan ketaatan kepada Allah, pun sebaliknya.

Selain itu, jika anak memiliki teman saleh mereka akan terbiasa berinteraksi sosial dengan adab dan cara yang baik. Dalam pertemanan, mereka akan saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran. Oleh karena itu, memilihkan teman saleh bagi sang anak termasuk ke dalam hal penting yang sudah seharusnya orang tua perhatikan sebagai bagian dari tanggung jawab orang tua.

3. Bermalam di Rumah Kerabat Saleh

Cara lain untuk mengajari anak berinteraksi sosial dengan baik adalah dengan mengajak mereka untuk bermalam di rumah kerabat atau saudara yang saleh. Ini akan sangat baik bagi sang anak. Ajari mereka untuk dapat berinteraksi sosial di luar lingkungan keluarganya, seperti mengenalkan mereka kepada kakek, nenek, paman, dan bibi. Dengan berkenalan dengan kerabat atau saudara mereka yang saleh, diharapkan mereka dapat mengambil faedah dari kesalehan kerabatnya.

Terdapat riwayat dari Ibnu Abbas r.a., Beliau mengajarkan kepada para anak untuk bersemangat bermalam di rumah kerabatnya yang saleh serta mengambil faedah dari mereka. Ibnu Abbas r.a. berkata, “Saya bermalam di rumah bibiku, Maimunah binti Al-Harits, istri Nabi saw.” (H.R. Al-Bukhari, No. 53)

4. Ajak Anak ke Majelis Ilmu

Mengajak anak ke majelis ilmu dapat membantu mereka untuk berinteraksi sosial dengan banyak orang. Meskipun di pertemuan awal mereka akan rewel dan segan dalam majelis tersebut, tetapi secara perlahan-lahan mereka akan terbiasa. Sang anak akan belajar cara berinteraksi sosial dengan banyak orang, seperti cara bersikap dengan orang tua, kakak yang lebih tua, adik yang lebih muda, atau dengan teman sebayanya.

Mengajak anak ke majelis ilmu juga dapat memberikan wawasan mengenai ilmu kepada mereka yang kemudian dapat mereka terapkan di kehidupan sehari-hari. Dengan menghadiri majelis ilmu, sang anak juga akan memiliki kebiasaan baik, yakni mereka akan terbiasa untuk memanfaatkan waktu dengan datang ke tempat-tempat yang penuh dengan ilmu dan kebaikan lainnya

Sumber : IG @parenting_islam.id

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

835

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini