Memenuhi Peran dan Kewajiban Seorang Ayah

0
187

PARENTINGISLAM.ID – – Ayah merupakan seorang anggota keluarga yang memiliki peran sentral dalam menjaga ikatan keluarga. Seorang Ayah memiliki kemampuan dan kekuatan besar dalam mengembalikan ikatan keluarga jika keinginan tersebut ada dalam dirinya.

Pada zaman dahulu figure ayah berperan sebagai pendidik, penasihat, sumber segala perilaku bijak dan budi pekerti luhur, pemberi rasa aman, dan teladan yang baik. Seorang sosok ayah yang mengatur hubungan dengan anak-anak bersama figur ibu yang penuh dengan kasih sayang. Akan tetapi, sekarang pandangan itu berubah. Peranan ayah sebagai pendidik kini telah dipasrahkan secara penuh kepada ibu dan seorang ayah mencari nafkah untuk keluarga. Bahkan terkadang, karena kahidupan yang sulit, seorang ayah harus bekerja siang dan malam.

Wahai para ayah, hal itu tidaklah salah. Tetapi, ingatlah bahwa ada peran lain juga yang ayah miliki. Seorang ayah harus memberikan waktu juga kepada anaknya dan mendidiknya sendiri. Jika seorang ayah mau melakukannya dengan penuh keikhlasan, maka akan hadir generasi baru yang akan menjunjung tinggi nama seorang ayah.

Terdapat 3 hal yang dibutuhkan seorang ayah agar dapat melaksanakan peran dan kewajibannya dengan baik, yaitu :

1. Waktu

Janganlah keluar dari mulut seorang Ayah, “Bagaimana aku bisa membagi waktuku?

Jika seorang anak mengalami musibah atau masalah, Ayah pasti pergi untuk menyelematkan mereka. Sepenting apapun perkerjaan mereka pasti akan ditinggalkan untuk anak menyelematkan anak mereka. Maka dari itu, sebelum hal itu terjadi, luangkan dan habiskanlah waktu bersama anak. Seorang Ayah juga harus menjalani peran mereka dalam merawat anak-anaknya.

2. Perjuangan

Seorang Ayah membutuhkan perjuangan untuk bisa dekat dengan anak-anaknya. Berbeda dengan seorang Ibu yang biasanya sudah memiliki hubungan yang kuat dengan anaknya karena telah bersama dalam kandungan selama 9 bulan, seorang Ayah membutuhkan perjuangan agar anaknya dapat menerimanya dengan baik, yaitu dengan cara bermain bersamanya, menciumnya, dan lain sebagainya.

3. Konsentrasi

Ini merupakan unsur yang paling penting. Seorang ayah membutuhkan konsentrasi dalam merawat anak-anaknya. Banyak waktu yang telah dihabiskan seorang Ayah di liuar rumah, sehingga seorang Ayah haruslah berkonsentrasi saat melakukan sesuatu yang bisa berdampak positif bagi anak-anaknya. Bahkan, seorang Ayah pun harus berkonsentrasi dengan dongen yang dibacakannya kepada anak sebelum tidur.

Seorang Ayah harus memikul peranan dan tanggung jawab yang besar. Selain itu, seorang Ayah harus meninggalkan kesan yang baik pada ingatan seorang disamping sebagai pencari nafkah juga. Hal apa yang bisa dilakukan untuk meninggalkan kesan yang baik pada anak? Tentunya hal itu bisa diraih dengan menerapkan ketiga poin diatas, yaitu meyisihkan waktu, berjuang, dan sekaligus berkonsentrasi dalam merawat mereka.

Sumber : Rumah Seindah Surga (Dr. Amru Khalid)

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

803

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini