Menanamkan Konsep Benar dan Salah pada Anak

0
169

PARENTINGISLAM.ID – – Membedakan hal-hal yang benar dan yang salah merupakan salah satu pelajaran karakter yang sangat penting bagi anak. Dengan mampu membedakan antara yang salah dan yang benar, anak dapat mengambil keputusan dengan bijak dan tepat. Selain itu juga anak dapat mengetahui mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.

Bunda dapat mengajarkan konsep benar dan salah kepada anak mulai dari langkah-langkah berikut ini :

1. Boleh dan Tidak Boleh

Cara ini dinilai lebih mudah diterima, dimengerti, dan dijalankan oleh si kecil daripada memberikannya konsep benar dan salah secara langsung. 

Misalnya, anak suka membuang makanan yang tidak disukainya. Bunda bisa berkata, “Kakak/adik, tidak boleh membuang makanan.” Ketika ia ditegur karena melakukan hal yang tidak boleh, barulah ia tahu bahwa hal itu salah. Tapi jangan lupa untuk memberinya penjelasan yang kongkrit ya, Bunda.

2. Beralih ke Konsep Sederhana Benar dan Salah

Setelah si kecil menyerap konsep boleh dan tidak boleh, Bunda bisa mulai memperkenalkan konsep benar dan salah dalam cakupan yang sangat sederhana dan mudah dimengerti untuk anak.

Misalnya, Bunda bisa menyuruh mereka untuk duduk manis saat main ke rumah kerabat atau tetangga. Katakan saja jika membuat gaduh merupakan perilaku yang tidak baik dan tidak sopan.

3. Jangan Lupa Beri Pujian Sebagai Rewards

Setelah si kecil berhasil bersikap baik, Bunda harus memberikan sedikit hadiah (reward), Tidak harus berupa barang, tetapi Bunda dapat melakukannya dengan pujian atau sedikit pelukan.

4. Panduan Sederhana Konsep Benar dan Salah Sesuai Usia

Agar tidak terlalu buru-buru dalam menerapkan konsep benar dan salah, Bunda bisa mencatat tahapan-tahapan tingkat kesadaran si kecil untuk menyerap konsep benar dan salah sesuai dengan usianya.

a. Usia 18-36 bulan

Di tahapan ini si kecil hanya mengetahui konsep bersenang-senang dan bermain. Untuk menerapkan kosep benar dan salah di usia ini Bunda bisa mengacu kepada konsep awal yaitu boleh dan tidak boleh.

b. Usia diatas 3 tahun

Di usia ini si kecil sudah terbilang cukup matang untuk menerima konsep benar dan salah. Di sini, Bunda bisa mendorong mereka untuk meminta maaf jika mereka berbuat salah, dan memberikan hadiah jika mereka bersikap manis.

Sumber : IG @parenting_islam.id

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

803

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini