Hindari Kebiasaan Menghukum Anak

0
396

PARENTINGISLAM.ID – – Anak memang terkadang ingin mengetahui banyak hal dan ingin mempelajari segalanya. Mereka ingin menyentuh sesuatu, belajar sesuatu, merangkai sesuatu, dan memisahkan sesuatu. Oleh karena itu, janganlah batasi keingintahuan anak dengan cara memberinya hukuman jika mereka melakukan kesalahan. Biarkanlah mereka bereksplorasi dengan imajinasi, tetapi harus tetap kita bimbing dan kita arahkan agar anak dapat melakukan sesuatu dengan baik dan benar.

Rasulullah SAW. pernah bersabda, “Kelembutan kepada sesuatu itu tidak lain akan menghiasi sesuatu itu. Dan, kekerasan kepada sesuatu itu tidak lain hanya akan menodai sesuatu itu.”

Tujuan dari Rasulullah SAW. dalam hadits ini adalah agar kita mau mencari alternatif yang terbaik dalam mendidik anak-anak kita. Hukuman hanya akan membuat renggang dalam hubungan antar orangtua dan anak.

1. Terkadang hukuman dapat menyebabkan anak merasa terhalang dari belajar sesuatu

Anak kecil terbiasa untuk selalu aktif dan tidak kenal lelah. Mereka selalu berlarian, berteriak, mengoceh, mencoret-coret, dan lain-lain. Tetapi jika Bunda menghukum anak atau bahkan memukul anak karena alasan tersebut, maka bisa jadi Bunda menghalangi anak dari bakatnya. Mungkin saja ia selalu berlarian karena bakatnya untuk menjadi seorang atlet. Atau mungkin saja anak selalu berteriak karena mereka ingin menjadi seorang penyanyi.

2. Terkadang hukuman dapat menghalangi anak dari perilaku positif

Terkadang anak ingin membantu orangtuanya ketika melakukan pekerjaan, contohnya seperti mencuci piring. Tetapi, karena si kecil masih belum kuat maka tergelincir piring tersebut dari tangannya dan pecah. Untuk mengatasinya Bunda jangan langsung membentak atau bahkan memarahinya, tetapi gunakan momen kesalahan tersebut untuk membimbing anak bagaimana perilaku yang tepat.

3. Memberi hukuman tanpa mengetahui inti permasalahan

Terkadang, ketika mengetahui anak melakukan kesalahan orangtua langsung menghakimi dan menghukum anak. Alangkah lebih baik jika Ayah dan Bunda membicarakan kesalahan tersebut dengan anak secara halus dan lemah lembut sehingga kita mengetahui inti dari permasalahan yang terjadi serta menentukan solusinya.

Oleh sebab itu para orangtua sebaiknya menghindari pemberian hukuman kepada anak. Karena hukuman bukanlah solusi terbaik untuk memperbaiki perilaku anak. Bahkan hukuman seringkali hanya mendatangkan derita seumur hidup bagi anak-anak. Kita harus bisa menjadi orang yang lembut, terutama kepada anak-anak kita.

Sumber : Rumah Seindah Surga (Dr. Amru Khalid)

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

871