Mengenal Baby Blues yang Sering Terjadi pada Ibu Muda

0
149

PARENTINGISLAM.ID – – Bagi seorang wanita, khusunya Ibu muda yang menantikan kelahiran anak pertama, kehamilan merupakan hal yang paling dinanti-nanti dan menggembirakan bagi Bunda. Tetapi dalam beberapa kasus, banyak Bunda atau pra Ibu muda yang tidak merasakan hal ini pada saat awal kelahiran. Para Ibu ini mengalami kondisi psikologi bernama sindrom baby blues yang terjadi setelah melahirkan.

Baby blues sendiri merupakan sindrom yang terjadi setelah melahirkan dikarenakan perubahan hormon yang membuat Bunda merasa kurang nyaman. Baby blues syndrome ini dapat menyebabkan gangguan psikologis seperti sedih, cemas, dan emosi yang meningkat. Baby blues syndrome pada umumnya dialami sekitar 50-80% Ibu muda dan terjadi pada 2 minggu pertama setelah melahirkan anak pertama.

Jika Bunda baru saja melahirkan dan merasa mudah menangis, tersinggung, dan sedikit tertekan, kemungkinan Bunda juga mengalami baby blues syndrome.

Gejala Baby Blues Syndrome

Setelah mengetahui apa itu baby blues syndrome, Bunda dapat mengetahui beberapa gejala dari baby blues syndrome tersebut.

1. Sering menangis tanpa alasan yang jelas

2. Mudah kesal

3. Cepat merasa lelah

4. Sulit untuk istirahat

5. Enggan untuk memperhatikan si kecil

Penyebab Baby Blues Syndrome

Ketahui penyebab utama baby blues syndrome yang dapat terjadi pada Ibu muda.

1. Kelelahan mengasuh bayi

Mengasuh bayi baru lahir memerlukan waktu dan tenaga yang ekstra. Hal tersebut dapat menyebabkan Bunda menjadi kurang tidur dan kelelahan.

2. Hormon menurun

Pada umumnya, ketika Bunda hamil, hormon akan meningkat atau naik. Akan tetapi setelah melahirkan, Bunda akan kehilangan banyak hormon. Hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi tubuh sehingga Bunda dapat mengalami baby blues syndrome.

3. Perubahan fisik

Perubahan fisik yang terjadi setelah melahirkan juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya baby blues syndrome. Belum lagi jika ditambah adanya omongan dari orang-orang seperti, “Setelah melahirkan jadi bertambah gemuk, ya?”. Kata-kata dan kalimat tersebut bahkan dapat membuat depresi hingga tertekan.

4. Kesulitan dalam beradaptasi

Menjadi seorang Ibu juga harus siap dalam menambah beban dan tanggung jawab dalam keluarga. Banyak Ibu muda yang merasa kesusahan dalam menyesuaikan diri. Yang pada awalnya Bunda hanya mengurus diri sendiri, tetapi sekarang harus mengurus si kecil juga.

Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome

Pada umumnya, baby blues syndrome ini terjadi selama 14 hari pertama setelah melahirkan dan biasanya hari terburuk adalah hari ke-3 atau ke-4 sesudah kelahiran. Jika Bunda merasa sedang mengalami baby blues syndrome, Bunda dapat melakukan hal-hal seperti meluangkan waktu untuk beristirahat dan tidur siang. Bunda juga dapat membatasi pengunjung yang datang untuk menjenguk, karena hal ini dapat menyebabkan kelelahan.

Tetapi, jika Bunda masih merasa gejala baby blues syndrome setelah lebih dari 2 minggu, maka konsultasilah dengan dokter Bunda. Karena dikhawatirkan Bunda mengalami depresi postpartfum dan diperlukan penanganan.

Sumber : cussonsbaby.co.id

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

867

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini