Tanamkan Pentingnya Kejujuran pada Anak Sejak Dini

0
502

PARENTINGISLAM.ID – – Kejujuran merupakan dasar yang penting dalam akhlak Islam, oleh karena iitu penting untuk mengajarkan anak pentingnya kejujuran pada anak sedini mungkin.

Seperti sebuah cerita berikut ini :

Abdullah bin Amir berkata, “Ibuku memanggilku dan pada saat itu Rasulullah SAW sedang berada di rumah kami. Ibuku berkata, ‘Ke marilah aku beri sesuatu.’ Rasulullah SAW bertanya kepada Ibuku, ‘Apa yang ingin engkau berikan kepadanya?. ’ Ibuku menjawab ‘Aku akan memberinya buah kurma.’ Rasulullah SAW pun bersabda, ‘Sesungguhnya apabila engkau tidak memberikan apapun itu akan dicatat sebagai suatu dusta’.”

Hal tersebut mengajarkan kepada kita sebagai orangtua. sekecil apapun itu namanya berbohong walaupun niatnya hanya untuk menggoda anak akan dianggap sebagai dusta.

Rasulullah SAW juga bersabda, “Jangan menceritakan cerita-cerita bohong, sebab kebohongan tidak tepat untuk bersanding dengan keseriusan maupun canda. Jangan pernah salah seorang dari kalian berjanji kepada anaknya kemudian tidak menepatinya”

Anak yang jujur akan mendapat kepercayaan dari orang lain sehinga menjadi tenang dalam hidup. Jujur kepada Allah SWT akan mendapat pahala. Sedangkan jujur kepada diri sendiri akan membuat jiwa akan tentram.

Berikut merupakan tips-tips yang dapat Ayah dan Bunda ajarkan pada si kecil agar ia tumbuh menjadi pribadi yang jujur.

1. Beri pemahaman pentingnya sikap jujur

Berikan pemahaman pada anak bahwa kejujuran itu penting dan berbohong merupakan sikap yang dapat berakibat buruk bagi diri sendiri maupun orang lain. Contohnya, jika kita pernah berbohong satu kali saja, maka orang lain tidak akan pernah percaya omoongan kita lagi dan tidak akan memiliki teman.

2. Berikan contoh yang baik

Sebagai orangtua, jadilah contoh yang baik untuk anak dengan selalu mengedepankan kejujuran. Karena orangtua dan keluarga merupakan tempat pertama anak untuk belajar, maka selalu contohkanlah kepada anak sikap-sikap yang baik. Contohnya jika anak bertanya tentang sesuatu yang kita tidak mengerti jawabannya, maka katakanlah dengan jujur bahwa Bunda belum mengetahuinya kemudian ajak si kecil untuk mencari jawabannya bersama-sama.

3. Berikan kisah-kisah tentang kejujuran

Untuk menanamkan kejujuran dalam diri anak, Bunda dapat menceritakan kisah-kisah tentang pentingnya arti kejujuran dan akibat dari kebiasaan berbohong. Dengan begitu, secara perlahan-lahan si kecil akan mengerti pentingnya kejujuran dengan cara yang menyenangkan.

4. Jangan langsung memberi hukuman

Jika Bunda mengetahui bahwa anak berbohong, janganlah langsung memarahi dan menghukumnya. Sebaiknya, gunakan cara yang lebih halus dengan mengajak si kecil berbicara tentang mengapa ia berbohong, apa yang dirasakannya, mengapa ia marah, mengapa ia sedih, dan sebagainya. Sehingga anak bisa lebih terbuka dan bercerita dengan jujur. Jika kita langsung memarahi apalagi membentak, dikhawatirkan malah membuat anak semakin menolak untuk bercerita yang sebenarnya.

Sumber : educenter.id

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

861