Bukan Hanya Kuantitas, Tetapi Kualitas ASI Juga Penting

0
439

PARENTINGISLAM.ID – – ASI (Air Susu Ibu) sangat penting bagi tumbuh kembang bayi karena mengandung sejumlah zat gizi serta antibodi yang penting bagi tubuh. Pakar kesehatan pun menganjurkan agar Bunda mampu menyusui bayi secara eksklusif selama 6 bulan pertama dan dilanjutkan hingga si kecil berusia 2 tahun.

Tetapi kadang kala sebagian Ibu hanya berfokus pada kuantitas ASI tanpa memperhatikan kualitasnya. Padahal, ASI yang baik adalah ASI yang jumlahnya cukup dan kualitasnya baik. Agar ASI yang dihasilkan dapat mempunyai kualitas yang baik, maka Bunda harus mematikan makanan yang dikonsumsi memiliki komponen karbohidrat, protein, lemak, dan mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Bunda dapat mengonsumsi makanan seperti telur, minyak ikan, daging, serta buah dan sayur.

Berikut merupakan ciri-ciri bahwa ASI yang Bunda keluarkan mempunyai kualitas yang baik.

1. Frekuensi Buang Air Kecil

Bayi yang mendapat ASI yang berkualitas akan buang air kecil hingga 6 kali per hari (dihitung sejak bayi berusia 4 hari). Volume yang dikeluarkan bayi tiap buang air kecil adalah 45 ml atau sekitar 3 sendok makan. Tampilan urine pun akan berwarna kuning jernih.

2. Kenaikan Berat Badan

Bayi yang mendapat ASI yang berkualitas akan mengalami kenaikan berat badan. Pada umumnya, bayi dengan usia 0-3 bulan akan mengalami kenaikan sebanyak 150-190 gram per minggu. Sedangkan untuk bayi dengan usia 4-6 bulan akan mengalami kenaikan sebanyak 90-120 gram per minggu.

3. Intensitas Buang Air Besar

Biasanya, bayi yang mendapat ASI yang berkualitas akan buang air besar setiap hari dengan tampilan warna kuning dan cenderung cair. Tetapi Bunda juga tidak perlu khawatir jika bayi tidak buang air besar walaupun sudah mendapatkan ASI, karena ASI adalah cairan yang diserap sempurna oleh usus sehingga mungkin saja tidak akan berbentuk feses.

4. Bayi Tampak Kenyang

Bayi yang mendapat ASI yang berkualitas biasanya akan tampak kenyang dan tertidur setelah menyusui. Walaupun begitu, bayi yang rewel bukan berarti dikarenakan ASI yang tidak berkualitas. Mungkin saja bayi menangis karena alasan yang lain seperti merasa panas, minta diganti popok, ataupun ingin digendong.

Sumber : klikdokter.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

830