Ketahui Cara Memilih Mainan yang Baik Bagi Si Kecil

0
419

PARENTINGISLAM.ID – – Seperti makanan atau pakaian, mainan pun harus dipilih. Pilihkanlah mainan yang tak hanya menghibur, tapi juga membantunya berimajinasi, memecahkan masalah, dan membantu perkembangan motoriknya. Selain itu, Bunda juga harus menyesuaikan mainan tersebut dengan usia anak.

Saskhya Aulia Prima, psikolog dan pendiri TigaGenerasi, mengatakan, saat membeli mainan orang tua mesti tahu tujuan dan manfaat mainan tersebut untuk anaknya. Karena tidak semua mainan bisa diberikan begitu saja pada anak, apalagi jika tidak sesuai umurnya.

“Saya ingin anak cepet nulis, udah beli pensil sama buku aja. Padahal fasenya masih oral. Ya nggak bisa gitu, nanti malah dia makan pensilnya,” ujar Saskhya saat acara ELC Holiday Toys Collection Preview: How to Inspire Your Kids Through Play.

Selain itu, orang tua juga harus mengedukasi diri sendiri. Orang tua harus mengetahui bagaimana fungsi mainan tersebut agar saat anak bertanya cara memainkannya orang tua dapat membantunya. Selain itu untuk mengatasi pemborosan akibat terlalu sering membeli mainan, Bunda juga dituntut untuk selalu kreatif. Itu sebabnya orang tua perlu mendampingi anaknya saat bermain. Dengan satu mainan, Bunda dapat membuat berbagai macam permainan, sehingga tidak harus membeli mainan baru setiap waktu.

1. 0-12 Bulan

Pada usia 0-12 bulan anak lebih senang dengan mainan yang menghasilkan bunyi dengan warna-warna yang kontras yang dapat menarik perhatiannya. Selain itu, pada usia ini anak berada di fase oral dimana ia akan memasukkan apa saja ke dalam mulutnya untuk mengenali dunia sekitarnya.

Jenis mainan yang cocok : boneka yang berbunyi.

2. 1 Tahun

Pada usia 1 tahun anak sudah mampu berjalan dan mengeksplorasi lingkungannya. Si buah hati juga sudah mampu mengangkat benda-benda dan memindahkannya ke tempat lain. Hobi barunya sekarang adalah melempar, memasukkan benda ke dalam kotak, menyusun balok, serta meyukai mainan yang bergerak dan berbunyi.

Jenis mainan yang cocok : menyusun balok

3. 2 Tahun

Pada usia 2 tahun anak sedang dalam masa yang penuh energi. Berlari, melompat, berjinjit, berdiri dengaan satu kaki, menendang, dan kosa katanya pun semakin banyak dengan pengucapan yang jelas sehingga mendorong anak untuk ikut-ikutan menyanyi. Selain itu, anak juga sudah dapat untuk membolak-balikan halaman buku.

Jenis mainan yang cocok : bola, buku audio.

4. 3 Tahun

Pada usia 3 tahun anak senang mengamati dan meniru. Anak juga sudah lancer berbicara dengan kalimat panjang serta dapat mengekspresikan emosinya.

Jenis mainan yang cocok : permainan lempar-tangkap

5. 4 Tahun

Pada usia 4 tahun anak sudah dapat berpikir strategis. Anak dapat menyalurkan imajinasi mereka dan mengatur strategi dengan mainan-mainan yang ada. Contohnya imajinasi menata ruang seperti meletakkan meja, kursi, dan lain sebagainya.

Jenis mainan yang cocok : kitchen set, feltopia (Felt Story Board)

6. 5 Tahun

Pada usia 5 tahun anak diperkenalkan dengan angka dan jumlah. Ia akan menghitung jari jemarinya dan benda-benda yang ia temukan. Anak juuga sudah dapat berkomunikasi dengan teman, serta membentuk kelompok berdasarkan minat yang sama.

Jenis mainan yang cocok : monopoli, jam mainan

Sumber : ayahbunda.co.id

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

890