Menghukum Anak Dengan Membaca, Apa Dampaknya ?

0
364

Diasuh oleh: Alva Handayani,M.Psi*

Assalamualaikum, kenalin saya Aika dari Bali. Saya belum menikah sih tapi saya mengajar les yang berinteraksi dengan anak-anak. Pertanyaannya: boleh gak kita menghukum anak dengan membaca yang banyak? . Kira-kira  ada dampak negatifnya tidak? Mohon penjelasannya. Terima kasih ( Aika via ig )

Wa’alaykum salam…. mba Aika. Seru yaa berinteraksi dengan anak-anak ?  Masing-masing punya karakter yang berbeda. Kadang mereka bikin kita tertawa, tapi kadang juga bikin kesel.

Nah, mengenai pertanyaan mba Aika soal “menghukum” anak dengan membaca yang banyak, secara psikologis hal itu tidak membuat anak menjadi pintar membaca  atau  paham isi buku yang dibaca, tapi dikhawatirkan justru membuat anak tidak nyaman atau malah membenci aktivitas membaca karena hal itu diasosiasikan dengan “hukuman”.

Untuk menumbuhkan minat baca, anak harus menyenangi aktivitas membaca. Kebayang kan ? Kalau mereka tahu bahwa ‘hukuman’ yang akan diterima jika melanggar aturan di kelas mba Aika adalah dengan membaca banyak buku, maka ketika anak berusaha menghindari hukuman, artinya mereka menghindari membaca buku .

Ayo, kira-kira apa yaa .. ‘konsekuensi’ (bukan hukuman) yang akan diterima anak, jika mereka melanggar aturan atau tidak tertib di kelas lesnya mba Aika?.

Nah, boleh juga sebelum memberi ‘konsekuensi’ coba dulu minta kesepaakatan peserta less kira-kira apa saja bentuknya. Tentu yang tidak berat dan bersifat mendidik.

Kemudian minta semua peserta atau murid les untuk komitmen menjalankan ‘konsekuensi’ tersebut bila menlanggar aturan. Sepertinya ini lebih asyik. Selamat mencoba dan tetap semangat membersamai murid-murid lesnya ya. [ ]

Sampaikan pertanyaan sahabat parenting  melalui  in box di  instagram : @parenting_islam.id atau melalui Fans Page Facebook Parenting Islam  di link berikut ini : fanspages :Parenting Islam ID 

*Rubrik konsultasi parenting ini diasuh oleh Alva Handayani, M.Psi seorang psikolog profesional , konsultan, narasumber dan penulis buku .

4
Red: admin
Editor: admin
Ilustrasi foto: pixabay
850

Follow Juga Akun Sosial Media Kami 

Instagram : @parenting_islam.id 
Fanspages :Parenting Islam ID 
Youtube : Parenting Islami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini