Mengajak Anak Berolahraga sambil Bermain? Simak Tips Berikut!

0
284

PARENTINGISLAM.ID — Sebagai orang tua, tentu kita berharap agar sang anak dapat menjadi insan yang sehat dan kuat. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan berolahraga. Masalahnya, terkadang sang anak tidak mau berolahraga karena aktivitasnya membosankan, melelahkan dan sebagainya. Kita pasti akan bingung mengajak anak supaya berolahraga jika sang anak sudah menyatakan keengganannya berolahraga dengan alasan di atas. Agar sang anak mau berolahraga, berikut ini terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan anak untuk berolahraga sambil bermain.

1. Olahraga sambil Bermain Menggunakan Tali

Ajaklah anak berolahraga sambil bermain, seperti tarik tambang, lompat tali, dan panjat jaring tali laba-laba. Permainan tali ini akan membantu melatih kekuatan otot anak. Tentu saja permainan ini harus disesuaikan dengan usia dan kekuatan dari sang anak itu sendiri. Ajak sang anak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, seperti mengajaknya bermain lari-lari kecil dan peregangan otot sebelum melakukan olahraga ini agar otot mereka tidak kaku dan tidak mudah cedera. Mengajaknya olahraga sambil bermain akan sangat menyenangkan bagi sang anak. Orang tua pun dapat mengajak anak melakukan hal itu beberapa kali dalam seminggu.

2. Olahraga sambil Bermain Menggunakan Bola

Olahraga sambil bermain yang menggunakan bola, misalnya sepak bola, bola tenis, bola voli, dan bola basket. Permainan ini tidak hanya mengasyikkan, tetapi juga menyehatkan. Olahraga ini dapat melatih kekuatan tulang sang anak. Sebagai contoh, ketika sang anak bermain bola basket, kemudian memasukkannya ke dalam keranjang, ini akan membantu tulang di bagian tangan dan kaki anak menjadi kuat. Sama seperti olahraga dengan menggunakan tali sebelumnya, olahraga ini harus diawali dengan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot sang anak menjadi fleksibel, tidak kaku, dan mengurangi risiko cedera.

3. Olahraga sambil Bermain Menggunakan Alat Trasnportasi/Kendaraan Anak

Olahraga berikutnya yang dapat dilakukan sambil bermain, seperti bermain sepeda, otoped, dan sepatu roda. Olahraga ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan paru-paru sang anak. Orang tua dapat mengajak mereka olahraga sambil bermain ke taman bermain atau daerah yang banyak penghijauannya di waktu pagi atau sore hari agar sang anak dapat menghirup udara yang segar dan sehat. Melihat penghijauan juga akan melatih penglihatan mata mereka agar semakin jelas dan jernih. Olahraga seperti ini dapat dilakukan di akhir pekan bersama keluarga tercinta.

 

Sumber: abiummi.com

3
Red: admin
Editor: admin
Ilustrasi foto: pixabay
890

Follow Juga Akun Sosial Media Kami 

Instagram : @parenting_islam.id 
Fanspages :Parenting Islam ID 
Youtube : Parenting Islami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini