Apa Saja Penyebab Anak Suka Melawan Orang Tua?

0
318

PARENTINGISLAM.ID — Untuk mengetahui cara mendidik anak yang suka melawan, orang tua perlu tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab anak melawan. Karena, anak tidak mungkin melawan tanpa sebab.

Psikolog anak sekaligus ketua Yayasan Buah Hati Harapan Umat, Debby Qurniasasi M.Psi., mengatakan ada beberapa sebab yang membuat anak melawan.

1. Merasa diabaikan

Bisa jadi kesibukan Abi Ummi baik di pekerjaan atau sibuk dengang anggota keluarga yang lain membuat anak merasa diabaikan sehingga ia melampiaskannya dengan melawan dan membangkang.

2. Merasa tidak disayang

Ini sering terjadi pada anak menjelang remaja, bahkan pada anak remaja. Merasa tidak disayang, tidak dimengerti, dan selalu dimarahi.

3. Meniru orang tua

Pertengkaran orang tua tanpa disadari ditiru oleh anak-anak. Saling hardik atau saling teriak yang dilakukan abi ummi, tentu tanpa disadari terekam dalam benak anak. Dan, akhirnya sikap tersebut suatu hari akan ditiru oleh anak ketika dia merasa tidak sejalan dengan lawan bicara atau merasa dipojokkan.

4. Bergesernya nilai-nilai komunikasi

Mewabahnya gawai membuat nilai komunikasi kini bergeser. Komunikasi tatap muka kini jarang terjadi, digantikan dengan komunikasi via gawai. Hal ini membuat anak kehilangan ikatan dengan orang tuanya

Sesungguhnya komunikasi menggunakan gawai itu bersifat semu. Tidak ada gesture, intonasi, dan mimik yang justru memiliki nilai penting dan membuat komunikasi lebih ‘bernyawa’. Komunikasi yang efektif dapat dijadikan alat sebagai salah satu cara mendidik anak secara islami.

Sumber: abiummi.com

3
Red: admin
Editor: admin
Ilustrasi foto: pixabay
890

Follow Juga Akun Sosial Media Kami 

Instagram : @parenting_islam.id 
Fanspages :Parenting Islam ID 
Youtube : Parenting Islami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini