Ingin Mewujudkan Rumah Tangga sebagai Surga? Cermati 4 Langkah Berikut!

0
481

PARENTINGISLAM.ID —   Setiap orang pasti mendambakan rumah tangga bahagia, yang mampu mewujudkan ”baitii jannatii” (rumahku surgaku). Namun demikian, mewujudkan ”Rumahku Surgaku” tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tentu harus ada usaha yang menyertai harapan tersebut. Paling tidak ada empat cara untuk mewujudkannya, yaitu:

1. Jadikan cinta kasih sebagai atapnya

Cinta kasih adalah sesuatu yang semestinya ada dalam sebuah pernikahan karena cinta merupakan bumbu perkawinan. Jika pernikahan dibarengi dengan cinta, pernikahan akan terasa indah, penuh dinamika.

2. Jadikan agama sebagai fondasi keluarga

Rasulullah saw. pernah bersabda, “Janganlah kamu menikahi wanita karena kecantikannya, sebab kecantikan itu akan lenyap dan janganlah kamu menikahi mereka karena hartanya, sebab harta itu akan membuat dia sombong. Akan tetapi, nikahilah mereka karena agamanya, sebab seorang budak wanita yang hitam dan beragama itu lebih utama.” (H.R. Ibnu Majah)

Bila pondasi agama kuat, akan kuat pula masyarakat dan akan terwujud kebahagiaan yang didambakan.

3. Hiasi keluarga dengan jiwa sabar dan syukur

Rasulullah saw bersabda, ”Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya baik baginya dan kebaikan itu tidak dimiliki kecuali oleh seorang mukmin. Apabila dia mendapat kesenangan dia bersyukur dan itulah yang terbaik untuknya. Dan apabila mendapat musibah dia bersabar dan itulah yang terbaik untuknya.” (H.R. Muslim).

4. Jadikan keteladanan sebagai cara utama dalam mendidik anak-anak

Ali bin Abi Thalib pernah berpesan, ”Didiklah anak-anakmu dengan bijak, karena mereka akan mengalami zaman yang tidak akan engkau alami.” Banyak cara dalam mendidik anak, tetapi mendidik dengan memberikan teladan adalah yang paling utama. Anak belajar dengan mudah karena orang tua menjadi model bagi sang anak.

Dihimpun dari berbagai sumber

3
Red: admin
Editor: admin
Ilustrasi foto: pixabay
890

Follow Juga Akun Sosial Media Kami 

Instagram : @parenting_islam.id 
Fanspages :Parenting Islam ID 
Youtube : Parenting Islami