Beberapa Makanan yang Kaya Omega-3

0
292

PARENTINGISLAM.ID — Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mata dan otak. Dalam omega-3 terdapat 3 komponen penting, yakni ALA (alpha-linolenic acid), DHA (decosahexaenoic acid), dan EPA (eicosapentaenoic acid).

ALA merupakan asam lemak esensial yang penting untuk dikonsumsi dalam diet sehari-hari. Meski sangat terbatas, ALA dapat diubah menjadi EPA dan DHA oleh tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk menambahkan makanan yang mengandung omega 3 dalam menu sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan omega-3, di antaranya:

1. Ikan

Omega-3 memang paling banyak ditemukan pada ikan. Walaupun suplemen cod liver oil sudah banyak tersedia dan baik pula untuk dikonsumsi, asam lemak omega-3 paling baik didapat dengan mengonsumsi ikan secara langsung. Mengapa? Ini karena dalam ikan yang dimakan secara langsung, anak akan mendapat semua vitamin dan mineral yang penting bagi metabolisme. Jenis ikan yang banyak disarankan selain codadalah tuna, salmon, lele, dan belut. Banyak makan ikan akan mencerdaskan otak anak. Jadi, yuk, biasakan anak makan ikan!

2. Bayam

Sebenarnya, bukan hanya bayam yang merupakan jenis sayur yang kaya akan omega-3. Brokoli, kol, kubis, dan sayuran hijau lain juga disinyalir mengandung omega-3. Sayuran juga mengandung antioksidan yang berfungsi melawan zat berbahaya dalam tubuh yang menunjang fungsi kulit dan otak anak. Vitamin C dalam sayuran juga akan melindungi otak anak dari banyak penyakit.

3. Kacang-kacangan

Jika anak doyan mengemil kacang-kacangan, sebenarnya kita tidak perlu khawatir, asal diperhatikan kuantitasnya. Pilihlah jenis kacang almond, kedelai, kenari, atau walnut yang lebih baik dari jenis lainnya. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber omega-3 dan vitamin E yang mampu menunjang kekuatan otak, khusunya dalam hal memori. Kita pun dapat mencampur kacang dalam sereal atau oatmeal saat membuat sarapan anak.

Selain makanan-makanan di atas, buah-buahan, khususnya jenis berries dan avokad juga kaya akan omega-3, loh. Begitu pun dengan biji rami (flaxseed), biji moster (mustard), minyak zaitun, biji chia, keju, yoghurt, dan daging. Bukan hanya bekerja pada otak anak, melainkan omega-3 juga bisa mencegah penyakit jantung, membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal, menurunkan kadar trigliserida, serta mencegah rheumatoid arthritis atau peradangan sendi kronis dan kerusakan saraf otak.

Dihimpun dari berbagai sumber

3
Red: admin
Editor: admin
Ilustrasi foto: id.theasianparent.com
890

Follow Juga Akun Sosial Media Kami 

Instagram : @parenting_islam.id 
Fanspages :Parenting Islam ID 
Youtube : Parenting Islami