Tips Menidurkan Bayi Menurut Islam, Lakukan 8 Hal Ini

0
231

PARENTINGISLAM.ID–Menurut Islam, semua tingkah laku memang telah diatur baik dengan Alquran dan Hadis. Namun tidak semua orang bisa menerapkan cara-cara yang sudah diberikan dan dicontohkan oleh Rasulullah. Termasuk untuk mengasuh bayi secara Islam. Jika Anda masih belum percaya, Anda bisa membuktikan cara mengatasi bayi rewel menurut Islam saat mengasuh bayi yang sangat rewel meskipun ada tata cara lain menurut sisi psikologi dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Juga ada cara menidurkan bayi menurut Islam agar tidak rewel, seperti berikut ini.

1. Berikan ASI yang cukup

Mengenali tanda bayi cukup ASI tidak hanya berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Islam juga mengajarkan untuk memberikan ASI yang cukup pada bayi. Karena itu perintah untuk memberikan ASI secara eksklusif selama dua tahun adalah perintah yang wajib. Ini bisa Anda terapkan ketika mengatasi bayi yang sulit tidur. Biasakan untuk memberikan ASI yang cukup baik ketika sebelum tidur atau menjelang tidur. Bahkan saat bayi terbangun karena lapar.

2. Berwudu sebelum menidurkan bayi

Setan dan jin memang dipercaya dalam Islam. Kedua mahluk halus ini bisa menyerang manusia terutama bayi yang masih kecil. Untuk mengatasi serangan mahluk ini maka orang tua terutama ibu dan ayah yang akan menidurkan bayi sebaiknya berwudlu. Wudu bisa menyucikan diri sehingga tidak akan terkena gangguan jin dan setan. Kebiasaan ini juga harus diterapkan saat ibu akan menyusui dan mengasuh bayi dengan cara yang lain. Cara ini juga akan menjaga kebersihkan bayi dan agar bayi tidak mudan terkena infeksi sehingga juga menjadi tips agar anak tidak mudah sakit secara medis.

3. Bacakan Alquran menjelang tidur

Banyak penyebab bayi rewel seperti ketika bayi merasa tidak tenang dan terkena gangguan jin atau setan. Untuk mengatasinya maka cobalah membacakan Alquran ketika akan menidurkan bayi. Biasakan telinga bayi Anda mendengarkan lantunan ayat suci yang bisa membuat bayi merasa lebih santai. Kebiasaan ini juga bisa diterapkan untuk menghilangkan kebiasaan bernyanyi sebelum tidur. Kebiasaan bernyanyi sebelum tidur tidak disarankan karena memicu bayi menjadi lebih rewel.

4. Bacakan doa sebelum tidur

Bayi Anda memang masih kecil dan belum bisa bicara. Tapi Anda tetap bisa melakukan cara melatih bayi cepat bicara dari doa-doa sebelum tidur. Bacakan doa-doa ini dengan keras sehingga bayi Anda mendengar dengan jelas. Biarkan bayi melihat mimik mulut Anda sehingga itu terekam dalam otak bayi. Kebiasaan ini bisa membuat bayi mengenali doa dan biasanya bayi tidak akan bisa tidur sebelum berdoa.

5. Putar murattal Alquran

Anda juga bisa mencoba untuk memutar murottal Alquran. Biasakan bayi untuk mendengar lantunan Alquran sehingga bayi bisa merasa lebih tenang. Kebiasaan ini juga bisa menjauhkan bayi agar tidak terkena gangguan jin dan setan. Bahkan bisa memicu otak bayi untuk bisa menghafal Alquran sehingga menjadi kebiasaan yang baik saat sudah tumbuh dewasa nantinya.

6. Bacakan dongeng kisah-kisah nabi

Daripada membacakan dongeng-dongeng klasik dan modern, Anda bisa mencoba membacakan kisah – kisah nabi. Ini akan membuat bayi mulai mengenali agama Islam lebih dini. Kisah-kisah nabi bisa membuat bayi mulai belajar dan ini juga memicu otak bayi menjadi lebih cerdas. Kebiasaan ini bisa diulangi sampai bayi bisa tidur dengan tenang.

7. Lakukan rukiah

Bayi Anda tidak mudah tidur bisa karena gangguan jin dan setan. Masalah ini memang sering terjadi dan biasanya tidak banyak orang tua yang menyadarinya. Bayi hanya bisa menangis dan sangat rewel ketika terkena gangguan jin dan setan. Ini disebabkan bayi belum bisa berkomunikasi dengan bicara seperti orang dewasa. Untuk mengatasinya, orang tua bisa melakukan rukiah sendiri. Caranya adalah dengan berwudu, kemudian bacakan ayat kursi, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas masing-masing tujuh kali, lalu hembuskan ke kedua telapak tangan dan usapkan ke semua bagian tubuh bayi.

8. Menjaga bayi menjelang matahari tenggelam

Anda juga bisa mencoba menidurkan bayi saat malam hari dengan cara menjaga bayi Anda menjelang waktu matahari tenggelam. Caranya adalah dengan tidak membiarkan bayi keluar menjelang magrib. Waktu itu dikenal sebagai waktu ketika setan dan jin keluar untuk menggoda manusia termasuk bayi-bayi yang masih kecil. Biarkan bayi di dalam rumah dan jika bisa digendong agar bayi lebih tenang.

Jadi, inilah semua cara menidurkan bayi menurut Islam agar tidak rewel. Semua cara ini jika dilakukan dengan baik dan rutin maka akan membiasakan bayi tidur dengan baik tanpa rewel saat malam hari. Cara ini juga bisa dilakukan untuk semua waktu tidur bayi termasuk saat pagi, siang dan malam sesuai kebutuhan bayi Anda.

Sumber: hamil.co.id

3
Red: admin
Editor: admin
Ilustrasi foto: pixabay
890

Follow Juga Akun Sosial Media Kami 

Instagram : @parenting_islam.id 
Fanspages :Parenting Islam ID 
Youtube : Parenting Islami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini