Tips Menghadapi Anak Cengeng, Lakukan 5 Hal Ini

0
197

PARENTINGISLAM.ID – – Setiap orangtua pastinya menginginkan buah hatinya menjadi anak yang pemberani dan percaya diri. Ia mudah bergaul dan tidak malu-malu atau takut kepada orang lain bahkan kepada yang tidak dikenalnya.

Namun kadang ada buah hati yang punya perasan panakut dan mudah menangis sehingga mendapat sebutan anak cengeng. Sebelum memberinya gelar yang tidak membanggakannya tersebut ada baik ayah bunda memahami kondisinya, betulkah ia anak cengeng?

Ada beberapa hal yang musti diperhatikan ayah bunda jika buah hati mudah menangis atau disebut anak cengeng antara lain:

1. Kondisi anak yang sedang lelah dan mengantuk.

Pada umumnya, penyebab anak nangis dan cengeng seringkali dikarenakan mereka lelah dan mengantuk. Anak-anak suka tidak menyadari bahwa dirinya sedang lelah dan mengantuk. Hal inilah yang menyebabkan mereka menjadi gelisah dan memecahkan tangisan.

2. Anak dalam kondisi lapar dan haus.

Selain lelah dan mengantuk, penyebab umum lainnya yang membuat anak nangis dan menjadi cengeng adalah karena rasa lapar dan haus dibiarkan terlalu lama. Oleh karena itu, orangtua harus segera meresponnya dengan segera memberinya minuman dan makanan agar mereka tidak sering menangis.

3. Anak mengalami stress.

Anak-anak juga sering menangis karena mereka stress dengan kondisi yang sedang terjadi. Akan tetapi, mereka tidak menyadarinya dan juga tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata. Dan cara mengungkapkan stres yang sedang mereka rasakan adalah dengan menangis dan merengek.

4. Anak ingin diperhatikan

Tangisan menjadi pecah manakala anak membutuhkan perhatian namun tak kunjung mendapatkannya dari orangtua. Biasanya mereka tidak berani mengatakan kepada Anda secara langsung walau mereka sudah memberikan sinyal-sinyal ingin diperhatikan sebelumnya. Orang tua suka tidak menyadarinya dengan cepat sehingga anak menangis.

5. Anak punya keinginan sesuatu.

Pada awalnya, anak-anak cenderung malu dan sungkan untuk memberi tahu apa yang mereka inginkan. Biasanya orangtua langsung memberikan apa yang anak inginkan saat menangis agar mereka segera diam. Ketika mereka tahu bahwa dengan menangis mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan maka anak menjadi cengeng dan manja.

Inilah beberap kondisi yang membuat seorang anak menjadi mudah atau gampang menangis. Alangkah bijaknya jika ayah bunda mampu memahaminya sebelum memberi label cengeng. [ ]

3
Red: admin
Editor: admin
Ilustrasi foto: pixabay
890

Follow Juga Akun Sosial Media Kami 

Instagram : @parenting_islam.id 
Fanspages :Parenting Islam ID 
Youtube : Parenting Islami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini