Manfaat ASI Bagi Ibu dan Buah Hati

0
423

PARENTINGISLAM.ID – – Mempunyai buah hati adalah salah satu anugerah yang Allah Swt berikan atau titipkan kepada suami dan istri. Hadirnya buah hati akan menjadi pelengkap kebahagian dalam keluarga.

Agar buah hati tumbung kembang dengan sempurna sesuai usianya salah satunya harus mendapat asupan air susu ibu (ASI) yang lengkap dari sang ibu. ASI adalah nutria terbaik bagi bayi dan juga sebagai anugerah Illahi.

Banyak sekali manfaat ASI eksklusif bagi ibu dan sang buah hati. Selain menciptakan bonding erat, juga akan membuat proses adaptasi si Kecil setelah keluar dari kandungan lebih nyaman. Beberapa manfaat ASI itu antara lain:

1. ASI mengandung nutrisi lengkap untuk bayi.

2. ASI mudah dicerna lambung.

Nutrisi sangat diperlukan bagi balita untuk membantu tumbuh kembang secera maksimal. Selain mengandung nutrisi , ASI juga mengadung zat antibodi alami yang akan membantu mencegah terjadinya infeksi atau gangguan kesehatan lainnya.

Sebab ASI berbentuk cairan maka keuntungannya adalah mudah dicerna oleh lambung sebagi tempat menampung makanan sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan, seperti diare yang sering dialami bayi. ASI juga mengandung probiotik yang penting untuk pembentukan mikroflora dalam saluran pencernaan, serta hipoalergenik sehingga bayi terhindar dari reaksi alergi.

3. Bayi yang diberi ASI memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Secara fisik balita khususnya bayi sangat lemah. Selain itu bayi juga belum mampu mengkonsumsi makanan yang keras. Namun dengan kandung nutrisi yang lengkap mampu mencukupi kebutuhan gizinya termasuk akan memperkuat daya tahan tubuhnya sehingga tidak gampang sakit. ASI juga mengurangi risiko si kecil terhadap gangguan pencernan, alergi, asma, hingga diabetes di kemudian hari.

Untuk itu seorang ibu hendaknya memberikan ASI eksklusifnya kepada sang buah hati hingga 2 tahunan atau minimal selama 6 bulan. Lakukan proses menyusui dengan benar dan penuh cinta.

Proses menyusui pasti ada tantangannya. Selain manajemen ASI yang tepat, cara menyusui yang benar akan menentukan lancar tidaknya ASI yang keluar. Ingat , ASI itu tergantung permintaan. Semakin sering ibu menyusui si Kecil, semakin banyak ASI yang diproduksi.

Berikan anugerah terbaik tersebut kepada buah hati Anda dengan penuh cinta kasih. Kelak ia akan menyayangi ayah ibunya ketika sudah tua. [ ]

Sumber: dikutip dari buku “ Ibu Susui Aku “ karya dr.Arianti

4
Red: admin
Editor: iman
Ilustrasi foto: pixabay
621

Follow juga akun sosial media kami 

Instagram : @parenting_islam.id
Fanspages :Parenting Islam ID
Youtube : Parenting Islami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini