Mengapa Alquran Penting dalam Tahapan Perkembangan Anak?

0
850

PARENTINGISLAM.ID–Sahabat Abi Ummi, selepas Ramadan tentu bukan berarti melepas pula semangat membaca Alquran kan?

Kitabullah memiliki tempat tersendiri dalam diri kita. Keindahannya selalu membuat setiap jiwa jatuh hati. Maknanya selalu membuat setiap raga bergetir. Tak hanya bagi dewasa, hal ini juga berlaku bagi anak-anak. Alquran menjadi perihal penting yang tak bisa luput dalam perkembangan anak kita.

Alquran menjadi penting dalam perkembangan anak, bukan sekadar alasan fanatik agama semata. Bahkan, ilmu pengetahuan banyak mengakui kemukjizatan kitab Allah tersebut. Dalam perkembangan anak khususnya, Alquran diakui sangat “mujarab” dalam membangun kecerdasan anak baik secara emosi maupun intelektual.

Membangun tumbuh kembang anak ini bahkan dapat dimulai sejak masih berupa janin dalam kandungan. Telah banyak penelitian yang menyebutkan manfaat memperdengarkan Alquran pada janin. Respon bahagia dan ketenangan akan nampak pada sang janin.

Dari laman pusat Alquran disebutkan, seorang peneliti asal Malaysia,  Dr. Nurhayati, menyampaikan hasil penelitiannya mengenai pengaruh Alquran bagi perkembangan anak. Menurutnya, bacaan Alquran memiliki frekuensi dan panjang gelombang tertentu yang mampu menghasilkan hal positif pada otak. Tak hanya itu, bunyi bacaan kitabullah tersebut juga mampu mengaliri sebuah keseimbangan pada tubuh.

“Bahkan bayi yang baru lahir (berusia 48 jam) kemudian diperdengarkan lantunan Alquran dari tape recorder, memberikan respon senyum,” ujar Nurhayati dalam penelitian yang disampaikannya pada sebuah seminar psikoterapi Islam, dikutip dari pusatalquran.com.

BACA JUGA: Cara Mengajarkan Anak Mengajarkan Quran Ampuh dan Cepat!

Jika memperdengarkan Alquran pada anak sejak dalam kandungan, kemudian saat lahir ke dunia, beranjak balita, dan seterusnya dalam tahapan perkembangan anak, bukan mustahil seorang anak cerdas intelek dan cerdas emosi akan tercipta. Sebagai bonus, sebuah memori Alquran juga secara tak sengaja terekam dalam otak anak. Dengan kata lain, menyertakan Alquran dalam tumbuh kembang anak berarti menciptakan generasi qurani para calon hafidz dan hafidzah.

Jadi, tidak ada salahnya jika lantunan murattal menjadi track yang terus diputar pada mp3 kita kan sahabat Abi Ummi. Tentu, konsisten dan kesabaran sangat dibutuhkan. Selamat mencetak generasi cerdas quran.

sumber: abiummi.com

red: admin
editor: Syifa
gambar: Google



Follow juga akun sosial media kami 🙂

Instagram : @parenting_islam.id
Fanspages :Parenting Islam ID