3 Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al Quran Sejak Dini, Ampuh & Cepat

0
654

PARENTINGISLAM.ID–Ada ilmu Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al Quran Sejak Dini yang disebar oleh Ustdz Ahmad Al Hafidz. Kali bisa kita jadikan saran belajar bagaimana bisa menjalankan program hafalan quran buat anak kita.

1. Cara menghafal Al quran dgn cepat Bayi (0-2 tahun)

– Bacakan Al Qur’an dari surat Al fatihah

– Tiap hari 4 kali waktu (pagi, siang, sore, malam)

– Tiap 1 waktu satu surat diulang 3x

– Setelah hari ke-5 ganti surat An Naas dengan metode yang sama

– Tiap 1 waktu surat yg lain-lain diulang 1×2

Cara menghafal ini dalam taraf pembiasaan, jadi anak akan menghafal tanpa harus terbebani. Cara mengajarkan anak menghafal Al quran memang tidak bisa instan, tapi mengajarkannya terus menerus tanpa lelah adalah metode yang paling bagus.

Siapa yang bisa mengajarkannya? Ibu, ayah, keluarga di rumah harus saling mendukung untuk membantu anak menghafal Al quran.

BACA JUGA: Pentingnya Al Quran dalam Tahap Perkembangan Anak

Seni menghafal Al quran bisa mudah diterapkan jika sudah mengetahui rahasia potensi anak yang terpendam. Anak usia dini memiliki memori yang berkepasitas besar jadi akan mudah untuk menghafalkan lafadz Al quran.

2. Cara cepat menghafal Al quran untuk anak diatas 2 tahun

– Metode sama denga teknik pengajaran bayi. Jika kemampuan mengucapkan kurang, maka tambah waktu menghafalnya, mis dari 5 hari menjadi 7 hari

– Sering dengarkan murattal

Pada usia diatas 2 tahun anak lebih sering dibiasakan untuk mendengarkan murotal dan waktu untuk hafalan lebih ditambah. Anak yang dari kecil sudah dibiasakan menghafal Al quran nantinya akan menemukan cara menghafal Al quran dgn cepat.

Dia akan merasa butuh untuk menghafal Al quran. Yaa. Tidak lepas dari peran keluarga. Perlu diingat satu hal, ketika anak salah jangan menghukumnya dengan kekerasan. Bisa dicari contoh menghukum anak tanpa kekerasan, kenapa? Agar anak tidak trauma.

3. Cara menghafal Alquran semudah tersenyum untuk anak diatas 4 tahun

– Mulai atur konsentrasi dan waktu untuk menghafal serius

– Ajari muraja’ah sendiri

– Ajari menghafal sendiri

– Selalu dimotivasi supaya semagat selalu terjaga

– Waktu menghafal 3-4x perhari

Anak usia 4 tahun akan semakin sulit mengajarkannya jika anak tidak dibiasakan dulu. Pada usia ini anak akan mulai bersosialisasi dengan lingkungannya. Anak akan bermain dengan teman temannya, terkadang hafalannya menjadi hilang, tapi tak apa, anak usia ini masih mampu untuk menghafal banyak hal.

Jangan sia sia kan momen ini karena pada usia ini anak memiliki kekuatan hafalan yang tinggi. Jadi cara menghafal Alquran semudah tersenyum itu memang benar.

Allaahummaj’alna fii ahli Qur’an , Allaahumma baarik fi auladina wa dzurriiyatina bil Qur’an, Allaahummarzuqna istiqomah fi tilawatil wa hifzil Qur’an…wa adhilna fi jannati fi Qur’an…Aamiin Allaahumma Aamiin

sumber: walimah.info

red: admin
editor: Syifa
gambar: google.com

Follow juga akun sosial media kami 🙂

Instagram : @parenting_islam.id
Fanspages :Parenting Islam ID
Youtube : Parenting Islami