Mengajarkan Kebiasaan Hidup Sehat Pada Anak, Lakukan 3 Prinsip Ini

0
65

PARENTINGISLAM.ID – – Butuh waktu dan kesabaran untuk mendorong anak terbiasa menjalani hidup sehat. Makin awal kebiasaan baik diterapkan, makin besar kemungkinan Buah Hati menjadi anak sehat. Untuk itu, peran orang tua sangat dibutuhkan guna membangun kebiasaan baik tersebut.

Saat Bunda dan Ayah mengajarkan anak pola hidup sehat, jangan lupakan beberapa hal ini berikut ini:

  1. Menjadi panutan

Selain memberikan pemahaman, cara terbaik mengajak Buah Hati hidup sehat adalah dengan menjadi contoh.  Anak-anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tua mereka. Oleh karena itu, perlihatkan pada anak bahwa Anda rajin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat secara konsisten. Memberikan pesan melalui perbuatan akan lebih berkesan bagi anak daripada sekadar perintah dan omelan.

  1. Realistis

Ketika menetapkan kebiasaan hidup sehat kepada anak, disarankan bagi orang tua untuk tetap bersikap realistis. Sadarilah bahwa efek baik dari hidup sehat akan dirasakan di kemudian hari, bukan terjadi secara instan.

Lebih baik mulai dari langkah-langkah sederhana namun konsisten daripada langsung berfokus kepada perubahan besar dalam waktu singkat. Misalnya ajak anak untuk bersepeda setiap sore hari atau di akhir pekan, bisa juga dengan mengajak anak untuk memasak makanan sehat daripada memesan makanan siap saji.

  1. Libatkan seluruh anggota keluarga

Mewujudkan kebiasaan sehat akan lebih mudah jika seluruh anggota keluarga juga terlibat. Oleh karena itu, sebaiknya program ini tidak hanya diberikan kepada anak saja. Libatkanlah seluruh anggota keluarga. Hal ini bisa dimulai dari makan malam bersama dengan menu sehat dan berolahraga bersama. [ ]

Sumber: alodokter.com

4

Redaksi: admin

974

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini