Cara Agar Anak Patuh Pada Orang Tua

0
107

PARENTINGISLAM.ID – – mendidik anak agar patuh terhadap orang tua bukan dengan cara kekerasan fisik maupun mental. Kepatuhan anak akan lebih baik jika dimunculkan dari kesadaran anak kita sendiri atau tanpa paksaan.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendidik anak agar mengerti bahwa patuh kepada orang tua adalah hal yang baik dan bernilai positif.

Bila ingin anak patuh, sebenarnya bisa dilakukan dengan jalan lain yang tanpa kekerasan. Termasuk tanpa cubitan. Apa saja caranya? Saya kutipkan disini ya Bunda, semoga bisa bermanfaat..

Pertama, konsisten terhadap peraturan yang dibuat.

Anak usia batita sebenarnya sudah bisa diajarkan mana yang boleh dan mana yang tidak. Aturan ini bisa membantu anak untuk belajar disiplin. Namun yang mesti menjadi catatan penting adalah aturan untuk anak harus disepakati antara ayah dan ibu. Dan konsisten diterapkan.

Jangan sampai ibu bilang anak tidak boleh minum es, lalu ayahnya malah memberikan es untuk anak. Misalnya saja begitu.

Kedua, buatlah anak menyadari kesalahannya dan merasakan konsekuensinya.

Saat anak melakukan kesalahan, jangan dibiarkan. Tapi tegurlah dengan bijak. Lakukan itu berulang-ulang. Karena tabiat anak, apalagi yang masih balita, seringkali melakukan hal yang sama berulang-ulang kali.

Bersabarlah. Punyai kesabaran yang lebih besar dari anak. Jangan lelah menegur anak dengan bijak, sampai anak mengerti bahwa ia melakukan kesalahan.

Ketiga, beri contoh positif.

Sudah cukup jelas bukan? Bahwa satu teladan lebih bermakna dari seribu perkataan. 🙂

Keempat, bersikpa tegas (bukan keras).

Tegas bukan berarti harus bersikap keras, karena dalam ketegasan masih ada kelembutan atau kasih sayang. Cobalah untuk mengerti perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan orang tua.

Kelima, berikan pujian saat anak mematuhi aturan

Bunda jangan pelit memuji anak. Pujian akan membuat anak merasa dihargai. Dan penghargaan dari orang tuanyalah yang paling berharga untuk anak.

Keenam, memperkuat bonding orang tua dan anak

Bila boleh saya bertanya, Bunda lebih enak mematuhi orang yang dekat dengan Bunda atau yang belum pernah kenal? Tentu kita lebih mudah mendengar perkataan orang yang kita kenal, bukan?

Makanya Bunda, bila bonding atau ikatan antara orang tua dan anak sudah kuat, maka perkataan orang tua akan lebih mudah dipatuhi oleh anak.

Mari kita sama-sama belajar untuk menjadi orang tua yang lebih baik ya Bunda.. ^_^ Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat.[ ]

Sumber: tuturma

5

Redaksi: admin

850

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini